Fokus dan Tak Mudah Lupa! Begini Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Efektif

Fokus dan Tak Mudah Lupa! Begini Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Efektif

Hal yang traumatis dapat menjadi penyebab penurunan daya ingat dan sulit fokus serta berkonsentrasi--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah kamu sering merasa kurang fokus dan mudah lupa? Ternyata kurang fokus bisa menjadi pertanda kalau daya ingat kamu menurun, lho. Lalu, apa saja cara meningkatkan daya ingat yang efektif? Yuk, cek informasi lengkapnya di artikel ini! Sebelum mengetahui cara meningkatkan daya ingat yang efektif, kamu perlu mengenali penyebabnya terlebih dahulu. Berikut penyebab daya ingat menurun atau kurang fokus yang perlu diketahui:

1. Cedera kepala
Kepala adalah organ tubuh yang sangat rawan terhadap benturan. Jika terjadi trauma pada kepala, seperti gegar otak dapat menyebabkan hilangnya atau menurunnya ingatan.

BACA JUGA:Musafir Boleh Tak Puasa Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Cara Menggantinya

2. Masalah tiroid
Pada orang yang menderita hipotiroid, kelenjar tiroid pada tubuh tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup. Di sisi lain, ada juga penderita hipertiroid yang memproduksi terlalu banyak hormon tiroid.

Hormon tiroid mengendalikan sel menggunakan energi sehingga saat hormon terlalu rendah atau terlalu tinggi, penderita bisa kehilangan memori jangka pendek. Namun, jika ditangani lebih awal, kehilangan memori ini dapat segera dipulihkan.

3. Sering mengonsumsi alkohol
Tahukah kamu kalau sering mengonsumsi minuman beralkohol dapat menurunkan daya ingat? Faktanya, alkohol diperkirakan berkontribusi 29% dari semua kasus demensia, lho. FYI, demensia adalah kondisi penurunan daya ingat dan berpikir yang terjadi pada orang-orang lanjut usia.

4. Kurang tidur
Kurang tidur dapat menyebabkan berkurangnya memori dan gangguan tidur akut seperti sleep apnea dapat meningkatkan hilangnya memori. Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam semalam pada usia 50-an, 60-an, dan 70-an memiliki risiko demensia 30% lebih tinggi daripada yang tidur lebih lama.

BACA JUGA:Ini Dia Batasan Minimal Usia Daftar KUR BRI 2024 untuk Pengembangan Usaha Anda

5. Kekurangan gizi
Kurangnya konsumsi vitamin B1 atau B12 dapat menyebabkan hilangnya memori. Perlu kamu ketahui, vitamin B1 adalah kunci pertumbuhan, perkembangan dan fungsi sel, sedangkan vitamin B12 menjaga kesehatan sel darah dan saraf.

Nah, seiring bertambahnya usia, kadar vitamin B12 kita menurun secara alami. Oleh karena itu kamu mungkin membutuhkan suplemen B1 dan B12 untuk memenuhi kesehatan tubuh dan agar lebih fokus.

6. Stroke
Kehilangan memori jangka pendek dan jangka panjang sering terjadi pada penderita stroke yang sudah berusia lanjut. Namun, sebenarnya seiring waktu, ingatan dapat meningkat baik dengan sendirinya atau dilatih.

7. Memiliki gangguan psikologis
Jika kamu berpikir bahwa menurunnya kemampuan ingatan hanya karena kekurangan gizi atau penyakit, ternyata bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk yang berhubungan dengan kesehatan mental.

BACA JUGA:Nissan GTR, Mobil Sport Idaman Pecinta Otomotif

Hal yang traumatis dapat menjadi penyebab penurunan daya ingat dan sulit fokus serta berkonsentrasi, lho. Selain itu, orang-orang dengan gangguan bipolar serta skizofrenia juga akan sulit fokus dan memiliki masalah memori jangka pendek serta jangka panjang.

8. Infeksi pada otak atau lapisannya
Tahukah kamu kalau penyakit yang menyebabkan infeksi pada otak, seperti HIV, TBC, dan herpes dapat menyebabkan masalah memori atau daya ingat?

HIV dapat membahayakan fungsi sel saraf otak dengan menginfeksi sel yang melindungi dan mendukung kerja otak. Virus ini juga dapat memicu peradangan yang dapat merusak otak dan menyebabkan penurunan daya ingat. Sementara itu, daya ingat penderita TBC dan herpes juga dapat menurun jika penyakitnya sudah kronis.

Cara meningkatkan daya ingat yang efektif
Sekarang kamu sudah tahu beberapa penyebab daya ingat menurun, bukan? Jika kamu merasa kurang fokus, sulit berkonsentrasi, dan mudah lupa, berikut cara meningkatkan daya ingat yang efektif:

BACA JUGA:Bolehkah Sholat Ba'diyah Isya Setelah Sholat Tarawih, Berikut Penjelasan Buya Yahya

1. Sering membaca
Para ahli berpendapat bahwa sering membaca dapat membantu menjaga ingatan tetap kuat dan lebih fokus. Selain itu, cobalah untuk mempelajari hal-hal baru agar otak terus aktif bekerja.

2. Maksimalkan semua panca indra saat belajar
Semakin banyak indera yang digunakan dalam mempelajari sesuatu, semakin banyak otak akan terlibat dalam menjaga ingatan atau memori. Ini dapat menjadi cara meningkatkan daya ingat yang bisa kamu lakukan.

Kamu bisa melakukan hal-hal sederhana, seperti menebak bahan-bahan dasar masakan dengan mencium dan mencicipi hidangan di restoran baru. Selain itu, cobalah hobi baru, seperti memahat atau membuat keramik dan perhatikan rasa dan aroma bahan yang digunakan.

3. Konsumsi makanan antiinflamasi
Salah cara meningkatkan daya ingat yang efektif adalah memberi otak bahan bakar yang dibutuhkan untuk melindungi dari kerusakan, seperti radikal bebas dan stres oksidatif. Mengonsumsi makanan antiinflamasi dapat meningkatkan daya ingat secara alami. Berikut makanan yang direkomendasikan:

Lemak sehat, seperti minyak zaitun, alpukat, kelapa, dan kacang-kacangan.
Makanan antioksidan tinggi, seperti sayuran berdaun hijau, paprika, bawang merah, buah jeruk, beri, brokoli, cokelat hitam, kunyit, dan lain-lain.
Ikan yang mengandung protein tinggi, seperti salmon, tuna, dan ikan sarden yang mengandung lemak omega-3 yang baik untuk otak.

BACA JUGA:Pertama Kali Bayar Internet dan TV Kabel di DANA Hemat 50%

4. Rajinlah berolahraga
Berolahraga secara teratur menurut penelitian ternyata baik untuk melindungi ingatan jangka pendek dan jangka panjang. Ini bisa terjadi karena olehraga meningkatkan sirkulasi dan oksigen ke otak. Selain itu, olahraga juga mampu mengurangi risiko gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan penurunan memori, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular, hingga dapat melepaskan endorfin dalam tubuh yang mampu menghilangkan depresi. Latihan aerobik, seperti jalan cepat, berenang, dan bersepeda adalah beberapa pilihan terbaik untuk kamu yang ingin meningkatkan daya ingat secara alami.

5. Mulai tidur yang cukup
Tidur tidak hanya meningkatkan energi, tetapi juga fokus, ingatan, kemampuan memecahkan masalah, pengaturan emosi, dan kreativitas lho, Yoonies. Para peneliti bahkan menemukan bahwa tidur yang cukup baik untuk memori jangka panjang dan pendek.

Idealnya orang dewasa membutuhkan 7-9 jam setiap malam untuk menjaga ingatan agar lebih baik. Untuk bisa tidur nyenyak, cobalah aktivitas yang menenangkan, seperti mendengarkan musik, meditasi, atau yoga. Jika sempat, di sela-sela aktivitas, kamu juga bisa menyempatkan tidur siang, terutama setelah mempelajari hal baru. Cara ini dinilai dapat membantu mengingat sesuatu dengan lebih mudah.

BACA JUGA:8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa Gratis!

Sekarang kamu sudah tahu penyebab daya ingat menurun hingga cara meningkatkan daya ingat secara efektif dengan mudah, bukan? Kamu bisa mencoba melakukannya di rumah! Jika merasa ada penurunan daya ingat yang drastis hingga lupa akan hal-hal yang terjadi pada aktivitas sehari-hari, mungkin ini saatnya berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis neurologi atau saraf, ya!(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: