Bolehkah Sholat Ba'diyah Isya Setelah Sholat Tarawih, Berikut Penjelasan Buya Yahya

Bolehkah Sholat Ba'diyah Isya Setelah Sholat Tarawih, Berikut Penjelasan Buya Yahya

Buya Yahya jelaskan tentang waktu sholat ba'diyah isya-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Tetapi, dalam pelaksanaan sholat tarawih berjamaah di masjid atau mushola, terkadang ada imam yang tidak memberikan jeda kepada jamaah untuk melaksanakan sholat sunnah ba'diyah Isya dan langsung memulai sholat tarawih.

Buya Yahya menjelaskan bahwa sholat sunnah ba'diyah Isya memiliki batas waktu hingga masuknya waktu shubuh.

Oleh karena itu, dalam bulan Ramadan, sholat tersebut dapat dilakukan setelah pelaksanaan sholat tarawih.

"Sholat ba'diyah Isya bisa dilakukan setelah tarawih. Jadi ba'diyah Isya itu waktunya terbentang hingga masuk subuh," papar Buya Yahya.

Kembali mengingatkan, Buya Yahya menjelaskan bahwa shalat sunnah ba'diyah Isya memiliki pahala yang lebih besar daripada shalat tarawih.

Oleh karena itu, disarankan untuk memberikan prioritas pada pelaksanaan shalat ba'diyah Isya sebelum melaksanakan sholat tarawih.

"Akan tetapi ada poin penting. Hei hamba Allah, shalat ba'diyah Isya itu pahalanya lebih gede daripada shalat tarawih. Anehnya, meninggalkan shalat ba'diyah Isya lalu  dia melakukan tarawih. Lebih bagus ba'diyah Isya-nya. Berarti mungkin yang melakukan seperti itu karena tidak mengerti," Jelas Buya Yahya.

BACA JUGA:Amalan Menyambut Bulan Ramadhan, Buya Yahya Ingatkan Prihal Ini

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Ruwahan Sebelum Ramadhan? Berikut Penjelasan Buya Yahya

"Jika di tempat Anda melakukan seperti itu, mungkin ustaznya tidak mengerti ilmu. Jadi habis sholat Isya langsung tarawih. Padahal pahalanya ba'diyah isya lebih gede, karena ba'diyah Isya termasuk shalat rawatib, tidak bisa dikalahkan dengan shalat tarawih," tambah Buya Yahya.

Buya Yahya sangat menyayangkan jika ada orang yang beribadah tanpa mempergunakan ilmu, karena hal tersebut dapat mengakibatkan pahala yang diperolehnya menjadi lebih sedikit.

"Makanya orang beribadah tidak pakai ilmu seperti itu. Pengennya melakukan yang terbaik tapi pahalanya lebih sedikit. Kalau orang alim mengerti, akan dahulukan ba'diyah Isya," kata Buya Yahya.

Jika imam tidak memberikan jeda untuk melaksanakan sholat sunnah ba'diyah Isya sebelum sholat tarawih, maka jamaah sebaiknya mengikuti imam dalam sholat tarawih.

Setelah selesai sholat tarawih, mereka dapat melaksanakan sholat sunnah ba'diyah Isya sebagai tambahan ibadah.

"Maka Anda ikuti mereka shalat tarawih, setelah shalat tarawih selesai, Anda masih bisa melakukan shalat ba'diyah Isya," demikian Buya Yahya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: