Keluar Darah Haid Sedikit Apakah Boleh Puasa? Kenali Jenis Darahnya Terlebih Dahulu

Keluar Darah Haid Sedikit Apakah Boleh Puasa? Kenali Jenis Darahnya Terlebih Dahulu

Keluar Darah Haid Sedikit Apakah Boleh Puasa? Kenali Jenis Darahnya Terlebih Dahulu -freepik.com -

“Istihadhah adalah hadats yang permanen seperti orang beser, maka ia tidak mencegah puasa dan sholat…” (al-Imam al-Nawawi, Minhaj al-Thalibin, juz 1, hal. 19)

Hal serupa dijelaskan dalam buku Renjana Ramadhan Kita oleh Abdullah Farid Masyruf dkk., Imam Nawawi menjelaskan, jika darah yang keluar memenuhi kriteria haid seperti kekentalan, bau, dan durasi darah keluar selama minimal 24 jam, itu termasuk darah haid. 

Namun, jika tidak memenuhi kriteria tersebut, itu dikategorikan sebagai darah istihadhah.

Bila darah yang keluar cenderung seperti darah haid, maka seorang Muslimah diharamkan untuk sholat dan puasa. 

Sedangkan, jika darah yang keluar memiliki ciri-ciri darah istihadhah, wajib bagi mereka untuk menjalankan ibadah puasa.

Apabila ragu itu darah istihadhah atau bukan, seorang wanita sebaiknya tetap berpuasa lalu mengganti puasa itu di lain hari di luar bulan Ramadhan. Dengan demikian, ibadahnya tetap sah dan bernilai pahala.

Bagaimana apakah kamu sudah memahaminya, bila disimpulakan boleh puasa atau tidaknya dapat ditentukan dari darah yang keluar. 

BACA JUGA:Agar Semua Dosa Gugur, Ustaz Adi Hidayat Sarankan Baca Doa Ini Setelah Sholat Tarawih

Kamu para perempuan bisa mengecek kekentalan, bau, dan durasi keluar daras selama 24 jam, jika selama itu terjadi pendarahan maka kamu tidak diperbolehkan untuk berpuasa. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: