Gaji Buruh Petik Buah di Australia Tembus Puluhan Juta Per Bulan!

Gaji Buruh Petik Buah di Australia Tembus Puluhan Juta Per Bulan!

Bekerja sebagai pemetik buah akan memberimu pengalaman kerja di Australia yang unik dan baru, bertemu dengan banyak orang dari belahan dunia yang berbeda beda.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pekerjaan memetik buah di Australia terbilang populer. Selain pekerjaan ini fleksibel dan terbuka untuk hampir semua orang, seorang traveler pun bisa mengambil job ini untuk membiayai perjalanannya.

Jadi dia bisa terus jalan jalan di Aussie menikmati pemandangan sambil menghasilkan uang. Tidak sedikit juga yang menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan utama. Dengan gaji yang terbilang lumayan, pekerjaan ini berhasil menarik perhatian banyak orang, terutama para pencari kerja. Postingan ini tidak akan mencampur adukkan perkara visa dan gaji, jadi hanya fokus pada gaji petik buah di Australia dan bagaimana kehidupan di sana.

BACA JUGA:Ini Dia Barang dan Jasa yang Tidak Dikenakan PPN

Memetik buah atau biasa dikenal dengan Fruit Picking sangat populer di kalangan backpacker. Mudah sekali menemukan pekerjaan ini apalagi sedang musim panen. Pekerjaan ini dapat dengan mudah ditemukan di internet seperti pada papan pengumuman lowongan pekerjaan. Dapat juga dari mulut ke mulut.

Ada dua istilah umum dasar dalam pekerjaan pemetik buah untuk tenaga dari luar negara Australia. Istilah yang pertama adalah farmer yaitu tuan tanah atau pemilik ladang yang berperan sebagai bos besar dan menentukan aturan, gaji, tempat tinggal dan sebagainya. Yang kedua adalah kontraktor yang menjadi penanggung jawab segala urusan pekerja.

Tiap Buah Ada Musimnya
Perlu diketahui, kalau panen/petik buah ini ada musimnya dan tergantung daerahnya, misal daerah Queensland untuk panen apel itu sekitar bulan Februari hingga Maret, Kalau di New South Wales pemetikan apel adanya di bulan Februari sampai April dan seterusnya. Musim terbaik untuk mendapatkan pekerjaan sebagai fruit picking biasanya tergantung dengan wilayahnya. Di Australia sendiri terbagi menjadi dua bagian besar yaitu Australia selatan dan Australia utara.

BACA JUGA:Cara Mendapatkan Sertifikat ISO yang Perlu Diketahui

Di bagian selatan biasanya dibutuhkan pekerjaan fruit picking paling tinggi antara bulan November dan Februari. Sedangkan untuk bagian utara, dapat ditemukan pekerjaan ini sepanjang tahun. Sebab di bagian Utara memiliki iklim tropis.

Gaji Petik Buah Di Australia Berdasarkan Tipe Pembayaran
Ada 2 sistem pembayaran gaji petik buah di Australia yang pertama dengan sistem per jam dan yang kedua sistem target. Opsi tipe pembayaran bisa saja ditentukan oleh perusahaan tempatmu bekerja atau yang anda pilih.

Tipe pembayaran pertama, dimana upah minimal untuk memanen buah/sayuran di Australia adalah rata rata sekitar $20 – 25 AUD atau sekitar Rp 200 ribuan per jamnya. Dengan sistem gaji per jam seorang pemetik buah di Australia bisa mengumpulkan gaji sebesar 25 – 30 juta rupiah per bulan. Nominal gaji ini belum di potong biaya hidup dan kebutuhan lainnya.

Tipe pembayaran kedua, gaji petik buah di Australia yang diperoleh pekerja dapat juga berdasarkan jumlah kotak dan jenis kualitas buah yang dipetik. Tentu saja dengan persetujuan pekerja dan pemilik kebun. Untuk buah anggur tanpa biji akan dihargai sekitar AUD 3 setara Rp. 30.000 per kotak, sedangkan anggur hijau atau anggur biasa hanya berharga AUD 2.5 – 3 setara  Rp. 25.000 – Rp. 30.000 per kotaknya.

BACA JUGA:Tips Cara Riset Produk Terlaris Melalui Internet

Selain anggur ada pula buah jeruk.  Jumlah bakul jeruk agak lebih besar dengan bakul yang dimiliki anggur sehingga dihargai sekitar AUD 3.5 setara Rp. 35.000 per kotak. Meski demikian, biasanya memetik jeruk akan dilakukan berpasangan agar lebih cepat dan lebih ringan.

Selain dengan ukuran kotak, ada juga ukuran ember yang lebih besar daripada kotak. Upah tiap ember yang anda isi bervariasi, dari 70 hingga 90 AUD ( sekitar 700ribu – 900 ribu rupiah) per embernya.Tapi kalau dibayar per beratnya, si petani akan menimbang hasil panen mu dan membayar sesuai dengan bayaran yang telah ditentukan. Baik menggunakan kotak atau ember, itu tergantung buah apa yang dipetik dan peraturan tempat anda bekerja.

Jika anda termasuk pekerja yang punya fisik yang kuat, pilih lah tipe pembayaran yang kedua yaitu berdasarkan jumlah kotak/ember buah yang dipetik. Dengan demikian, anda bisa memperoleh gaji yang sedikit lebih besar ketimbang memilih tipe upah per jam. Upah biasanya dibayar tiap minggu berdasarkan tipe pembayaran yang kita pilih (apakah perjam atau per buah). Pembayaran ini bisa ditransfer dan dalam bentuk cash.

BACA JUGA:Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi, Berikut Waktu dan Cara Mengamalkannya

Gaji Petik Buah di Australia Berdasarkan Jam Kerja
Fruit picking terbagi menjadi tiga golongan kerja berdasarkan jam kerja. Pertama karyawan fulltime dimana rata-rata jam kerja yang dimiliki adalah 38 jam per minggunya. Kedua karyawan part time dengan rata-rata jam kerja adalah kurang dari 38 jam atau sekitar 17 hingga 20 jam per minggunya. Terakhir, pekerja lepas dengan jam kerja ditentukan oleh pemilik kebun.

Pekerja Dengan Surat Keamanan Kerja
Karyawan full time dan karyawan part time dengan surat keamanan kerja: Upah yang diberikan pada siang hari dengan tarif per jam sebesar AUD 19,20 setara Rp. 190.000. Upah pada hari sabtu selama musim panen berlangsung  dengan tarif per jam sebesar AUD 24.00 setara Rp. 240.000.

Upah pada jam kerja sore atau malam hari (18.00 – 20.00) dengan tarif per jam sebesar AUD 22.08 setara Rp. 220.000.  Upah untuk hari libur umum dengan tarif per jam sebesar  AUD 48.00 setara Rp. 480.000.
Pekerja Tanpa Surat Keamanan Kerja

Karyawan full time dan karyawan part time tidak memiliki surat keamanan kerja : Upah per jam kerja terlepas dari banyaknya jam kerja atau hari AUD 24.00 setara Rp. 240.000. Upah pada hari sabtu selama musim panen berlangsung  dengan tarif per jam sebesar AUD 28.80 setara Rp. 288.000.Upah pada jam kerja sore atau malam hari (18.00 – 20.00) dengan tarif per jam sebesar AUD 26.88 setara Rp. 268.000.  Upah untuk hari libur umum dengan tarif per jam sebesar AUD 52.80 setara Rp. 520.000.

Jam Kerja Pemetik Buah
Selain itu, biasanya upah petik buah ini lebih tinggi jika bekerja di malam hari (biasanya setelah jam 6 sore). Dan juga ketika bekerja di hari libur, bayarannya bisa 2 kali lipat dari waktu biasanya loh, sampai 43 AUD (410 ribu rupiah) per jamnya.

BACA JUGA:Agar Setiap Urusan Berakhir dengan Baik, Amalkan Doa Berikut Ini Setiap Hari

Kondisi Kehidupan Pekerja Petik Buah di Australia
Gaji yang anda terima juga ditentukan oleh jenis buah atau sayur yang dipetik. Sebaiknya di awal anda bekerja, jangan pernah berharap gaji besar! Karena ketika anda masih pemula dan belum tahu teknik petik buah yang benar, akan sulit untuk menghasilkan uang yang banyak. Olehnya itu Anda harus terus belajar dan setelah tahu tekniknya, anda bisa memperoleh gaji yang lebih besar.

Di sini, penting ada nya perjanjian kolektif (kontrak) yang mengatur pemberian gaji. Pastikan harga satuan dan detail lainnya tertera dengan jelas di kontrak tersebut. Dalam hal ini, anda bisa memperoleh bayaran 15 – 20% lebih besar dari upah minimum yang termasuk dalam insentif kerja. Tapi anda wajib tahu cara yang benar dalam memetik buah, dan hal ini tentu akan memakan waktu.

Gaji petik buah di Australia pada umumnya akan bertambah berdasarkan pengalaman kerja. Namun perlu diketahui, kalau perjanjian kontrak dengan bos anda tidak lah memastikan kalau anda akan digaji minimal sesuai upah minimum. Andaikata anda memiliki kinerja yang sangat lambat, anda akan memperoleh gaji di bawah upah minimum tersebut dan ini tentu saja sah.

Kondisi Kerja
Ketahui bahwa biasanya ada pekerjaan berat yang akan menguras tenaga hingga batasnya. Pekerjaan tersebut membutuhkan kondisi fisik yang fit dan bagus. Jenis pekerjaan seperti ini bisa dikerjakan oleh siapa saja, tidak harus seorang yang berotot. Bahkan wanita biasanya lebih lincah daripada pria dalam mengerjakan tugas tertentu. Jadi, setiap orang punya tempatnya masing masing dalam pekerjaan seperti ini, pria wanita, orang berotot dan biasa, semua.

BACA JUGA:Perhatikan Tips Ini Sebelum Mau Investasi Emas Pegadaian

Hak pekerja
Meskipun anda adalah seorang pekerja asing, anda tentu punya hak. Jangan sampai anda dieksploitasi dan pastikan untuk memperoleh bayaran sesuai dengan upah minimum gaji di sektor anda bekerja. Dalam hal ini, mintalah detail pembayaran seperti ABN, pajak, dan lainnya.

Jika sekiranya bos anda tidak membayar sesuai dengan gaji yang telah ditentukan, anda bisa menghubungi Fairwork, agensi pemerintah yang bertanggung jawab dalam dunia pekerjaan.

Akomodasi
Akan lebih mudah menemukan pekerjaan apabila anda punya kendaraan pribadi dan juga akomodasi. Pada umumnya, karavan, tenda atau ruangan akan disediakan buat para pekerja pemetik buah untuk disewa. Beberapa tempat kerja menyediakan peralatan masak bahkan fasilitas seperti mesin cuci untuk pekerja mereka.

Jika tempat tinggal mu agak jauh dari tempat kerjamu, maka sebaiknya anda punya kendaraan pribadi, karena transportasi umum jarang ada. Jadi, cobalah untuk berbicara dengan pekerja lainnya terkait hal ini. Beberapa tempat kerja juga menyediakan shuttle untuk pegawainya (ada yang gratis dan berbayar). Bagi penganut agama Islam, kewajiban untuk beribadah tetap bisa dilakukan. Pekerja laki-laki biasanya akan sholat di ladang sementara yang perempuan akan pergi ke kilang untuk menunaikan sholat.

Makanan
Untuk masalah makan, tidak akan sesulit yang kita bayangkan untuk bisa mendapatkan makanan halal bagi penganut agama Islam. Hal ini dikarenakan ada banyak minimarket ataupun kedai yang menjual produk halal. Bahkan kontraktor biasanya akan membawa pekerja ke pasar seminggu sekali untuk berbelanja barang keperluan harian. Namun beda ceritanya jika Anda bekerja di daerah pedesaan.

BACA JUGA:Berani Jadi Pengusaha? Ini Cara Jadi Agen JNE dan Keuntunganya

Makanan akan menjadi tanggung jawab mu sendiri, anda bisa membeli atau memasak sendiri. Tempat pembelanjaan juga sangat jarang di daerah tertentu. Untuk itu, anda bisa bertanya kepada bos atau stafnya tentang tempat untuk membeli perlengkapan yang cocok.

Jadi ingat, langsung tanyakan hal ini saat pertama kali tiba di sana karena ini krusial untuk anda bisa bertahan dan menciptakan lapangan kerja sekondusif mungkin.

Hubungan Dengan Pekerja Lain
Bekerja sebagai pemetik buah akan memberimu pengalaman kerja di Australia yang unik dan baru, bertemu dengan banyak orang dari belahan dunia yang berbeda beda. Meski tidak semua pekerja akan baik kepadamu, tetap saja pengalaman yang anda dapatkan akan sangat berkesan. Pekerjaan petik buah ini ternyata bisa dengan mudah anda ganti dengan pekerjaan lainnya karena sifatnya tidak terlalu mengikat. Saya rasa pekerjaan ini memang didesain se fleksibel mungkin.

Pakaian yang Tepat
Pakai sepatu karet, sarung tangan, dan pakaian yang cocok untuk melindungi mu dari serangga dan panas matahari yang menyengat pada musim tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: