Berapa Lama Balik Modal Investasi Franchise Indomaret? Ini Hitungannya

Berapa Lama Balik Modal Investasi Franchise Indomaret? Ini Hitungannya

Waralaba Indomaret cukup dilirik oleh banyak pebisnis, karena terbukti stabil dan memiliki prospek jangka panjang. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Melihat fakta di lapangan, bisnis franchise Indomaret menjadi peluang yang cukup menjanjikan. Khususnya untuk Anda yang ingin memulai bisnis, namun tidak ingin terlalu ribet di awal. Sebab, sebagian besar pelaku bisnis franchise Indomaret memiliki pengalaman franchise Indomaret yang menyenangkan.

Namun, apakah semua pebisnis franchise Indomaret memiliki pengalaman yang menyenangkan? Tentu saja tidak. Ada juga pengalaman kurang menyenangkan yang dihadapi oleh para pelaku bisnis franchise Indomaret. Kesulitan dan hambatan sering dilalui, walau jarang ada bahasan terkait.

BACA JUGA:Mau Daftar Franchise Mixue? ini Ketentuan dan Harganya

Pengalaman Franchise Indomaret
Selain itu, ada juga pengalaman franchise Indomaret yang menyenangkan. Maka tidak heran jika banyak orang berlomba ingin memiliki usaha ini. Berikut beberapa pengalaman menyenangkan yang dihadapi oleh para pelaku bisnis franchise Indomaret:

1. Cepat balik modal
Para pelaku bisnis franchise Indomaret berpeluang mendapat pengembalian modal atau BEP dalam jangka waktu yang cukup pesat, yaitu sekitar 24 – 45 bulan. Dengan persentase profit mencapai 12% dan risiko gagal di bawah 10%. Dengan perkiraan investasi ini, harapannya pendapatan Indomaret per bulan adalah sekitar Rp 200.000.000 hingga Rp 270.000.000 dengan keuntungan bersih sekitar 15 – 40 juta. Dengan begitu omset kotor Indomaret per tahun yang bisa Anda kantongi adalah sekitar Rp 2.400.000.000 hingga Rp 3.240.000.000.

2. Modal awal tidak terlalu besar
Untuk memulai bisnis franchise Indomaret, Anda membutuhkan biaya sekitar Rp 300.000.000 hingga Rp 500.000.000 Meski biaya ini belum termasuk biaya sewa properti, namun usaha ini bisa dijalankan dengan mudah.

BACA JUGA:?Tips Jitu Agar Akun Maxim Gacor dan Orderan Lancar

3. Indomaret memiliki otoritas yang jelas
Anda sudah tidak perlu membangun branding, karena Indomaret sudah memiliki otoritas yang jelas. Bagi pebisnis pemula pun akan sangat diuntungkan dengan sistem seperti ini.

4. Ada jaringan promosi yang besar
Promosi Indomaret berada di tingkat nasional. Maka tidak heran, jika promosi yang dilakukan oleh pihak Indomaret akan berdampak positif terhadap franchise yang Anda jalankan.

5. Memiliki sistem operasi yang terintegrasi
Anda sudah tidak perlu repot mencari produk dari pemasok lain. Hal ini karena barang-barang yang dibutuhkan sudah terintegrasi secara terpadu.Nah, dari beberapa pengalaman franchise Indomaret yang menyenangkan di atas, tertarikkah Anda untuk membuka usaha ini? Jika Anda tertarik, Anda bisa melanjutkan membaca pembahasan berikut ini!

Kekurangan Franchise Indomaret
Pada bahasan ini, kami akan memberikan beberapa gambaran bagaimana para pelaku bisnis franchise Indomaret memiliki pengalaman franchise Indomaret yang kurang menyenangkan. Ini beberapa kesulitan dan hambatan yang dialami oleh pelaku bisnis franchise Indomaret:

BACA JUGA:Harga Murah dan Berkualitas! Distributor Alat Listrik Tangan Pertama untuk Usaha Toko Listrik

1. Izin semakin lama, semakin sulit
Beda daerah, beda ketentuan. Ada yang tiap kecamatan hanya memperbolehkan dua minimarket atau lebih. Bahkan ada juga kabupaten tertentu yang tidak mengeluarkan izin untuk membuka franchise Indomaret hingga akhirnya Indomaret tersebut tidak jadi buka.

2. Besarnya biaya gaji karyawan
Meskipun franchise, tetapi para pelaku bisnis franchise Indomaret selalu mematuhi ketentuan pemerintah terkait upah minimum untuk para karyawan.UMR yang mengalami kenaikan, pasti akan memperbesar biaya yang dikeluarkan untuk membayar gaji karyawan Indomaret.

3. Persaingan semakin ketat
Semakin lama, para pelaku franchise Indomaret semakin banyak. Dampak positifnya, Anda tidak akan terlalu kesulitan mendapatkan calon konsumen baru. Namun dampak negatifnya, persaingan juga akan semakin ketat.

4. Ada biaya tambahan dari gerai lain yang harus dibayar
Namanya juga sistem, kadang sistemnya benar, kadang juga sistemnya kacau. Jika karyawan salah menginput data, bisa jadi biaya dari gerai lain masuk ke pembukuan gerai Anda. Namun jarang sekali biaya Anda masuk ke gerai lain.

BACA JUGA:Jangan Takut Gagal! Ide Usaha Franchise Non Makanan

5. Tetap menanggung pajak meskipun gerai rugi
Pebisnis franchise Indomaret sudah mematuhi PP 46/ 2013 tentang Pajak Penghasilan Final sebesar 1% dari omzet. Namun, saat ternyata profit gerai kecil, sering hanya dapat 2% dari omzet atau bahkan rugi, sementara fixed cost tidak bisa dikurangi lagi, para pelaku bisnis tetap harus membayar pajak penghasilan.

6. Barang promo diborong konsumen
Adanya barang promo sebenarnya untuk menarik calon konsumen dan masing-masing konsumen hanya boleh membeli 1 atau 2. Namun, seringkali para konsumen membeli barang promo dalam jumlah banyak. Padahal, barang promo ini sering jual rugi.

7. Harga sewa naik
Ini penyakit jika Anda sewa untuk gerai, bukan dibangun di atas tanah sendiri. Semakin lama, harga sewa akan semakin tinggi dan itu pasti akan mempengaruhi penghasilan gerai Indomaret Anda.

Bagaimana Cara Membuka Usaha Franchise Indomaret?
Waralaba Indomaret cukup dilirik oleh banyak pebisnis, karena terbukti stabil dan memiliki prospek jangka panjang. Jika Anda tertarik untuk menjadi franchise Indomaret , Anda harus memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini terlebih dahulu.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu: Sedekah Rp2 Ribu dan Nasi Kotak Digencarkan Selama Ramadan

Syarat Menjadi Franchise Indomaret
Dari pengalaman franchise Indomaret yang kurang menyenangkan dan menyenangkan di atas. Sementara, Anda sudah memutuskan untuk bergabung menjadi pelaku bisnis franchise Indomaret, maka syarat yang harus Anda penuhi adalah sebagai berikut:

- WNI
- Memiliki izin usaha minimarket IMB/ IPB ruko, UUG/HO, TDP, SIUP, IUTS/ IUTM/, NPWP, STPP, PKP, dan lainnya.
- Menyediakan lokasi toko di area komersial seluas 120 – 200 meter persegi.
- Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem yang dijalankan.
- Menyediakan dana investasi.

Proses pemenuhan syarat ini cukup lama, terutama jika Anda mengurusnya dari nol. Maka, Anda harus lebih kerja keras di awal dan berkomitmen agar bisa mendapatkan pengalaman franchise Indomaret yang menyenangkan kedepannya nanti.

Perkiraan Biaya Investasi Franchise Indomaret
Jika sudah memenuhi syarat di atas, penuhi juga biaya investasinya. Angka estimasi investasi franchise Indomaret baru adalah sekitar Rp 494.000.000. Angka ini belum termasuk biaya sewa bangunan. Berikut rincian biayanya:

BACA JUGA:Jangan Takut Gagal! Ide Usaha Franchise Non Makanan

- Franchise fee untuk 5 tahun sebesar Rp 36.000.000.
- Renovasi dan tambah daya listrik sebesar Rp 221.500.000 yang disesuaikan dengan kondisi bentuk bangunan.
- Promosi dan persiapan pembukaan Indomaret sebesar Rp 9.500.000.
- Peralatan elektronik dan non elektronik sebesar Rp 227.000.000 yang disesuaikan dengan tipe toko.

Namun, jika Anda ingin mengambil alih atau take over Indomaret dari mitra lama, biaya yang Anda keluarkan bisa semakin kecil. Minimal, Anda harus mengeluarkan Rp 150.000.000 hingga Rp 200.000. Semua biaya ini sudah termasuk ke dalam biaya lisensi yang dibayarkan selama masa kontrak (kurang lebih 5 tahun masa kontrak).
Jika masa kontraknya habis, maka Anda bisa memperpanjang atau menyudahi kontrak tersebut.

Cara Bergabung Menjadi Franchise Indomaret
Setelah semuanya siap, Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut untuk membuka Indomaret:
- Pastikan Anda sudah memiliki calon lokasi yang akan dijadikan gerai Indomaret.
- Jika lokasi sudah Anda tentukan, Anda harus melakukan presentasi awal untuk membahas strategi bisnis yang akan diterapkan dalam usaha tersebut.
- Setelah itu, Anda harus survey tempat usaha yang akan digunakan untuk membuka gerai Indomaret untuk menilai apakah lokasi tersebut benar-benar strategis dan memenuhi syarat.
- Lakukan pengukuran dan evaluasi KKI secara tepat, karena keduanya memiliki pengaruh terhadap jalannya bisnis Indomaret yang akan Anda jalankan.
- Jika sudah, lakukan perjanjian pengikatan dan pembayaran fee franchise Indomaret sesuai dengan nominal yang sudah ditentukan sebelumnya.
- Urus segala kelengkapan Izin Usaha Indomaret sesuai dengan persyaratan di atas.
- Bangun toko fisik atau renovasi gerai Indomaret yang akan Anda jalankan sesuai dengan kebutuhan dan memenuhi syarat yang ada.
- Buka gerai Indomaret dan penuhi estimasi biaya yang akan dikeluarkan.
- Buat sistem promosi semenarik mungkin untuk mengundang calon konsumen berbelanja.

BACA JUGA:Laris Manis! Ide Usaha Musiman di Bulan Puasa yang Bikin Untung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: