Bingung Mengatur Uang Gaji 2 Juta Sebulan supaya Hemat? Begini Caranya

 Bingung Mengatur Uang Gaji 2 Juta Sebulan supaya Hemat? Begini Caranya

Dengan gaji Rp2 juta per bulan, artinya kamu punya anggaran untuk operasional sehari-hari sebanyak Rp1 juta.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menabung sebenarnya tidak ada hubungannya dengan nominal gaji yang kamu peroleh. Meskipun penghasilanmu sekarang baru Rp2 juta per bulan, tidak mustahil untuk melatih gaya hidup supaya tetap bisa Menabung setiap bulan. Namun, pastikan kamu punya perencanaan keuangan yang tepat dan disiplin dilaksanakan setiap bulannya. Berikut cara mengatur uang gaji 2 juta yang bisa kamu terapkan!

BACA JUGA:Dijamin Hemat! Cara Jitu Mengatur Keuangan Anak Kos

Cara Mengatur Gaji Bulanan Rp2 Juta
Ada tujuh cara mengatur uang 2 juta dalam sebulan yang bisa kamu terapkan sampai bisa menabung rutin. Ini dia ketujuh cara tersebut!

1. Atur prioritas pengeluaranmu
Hal pertama yang penting untuk kamu perhatikan adalah mengatur prioritas keuanganmu. Dengan budget terbatas, inilah yang dapat membuatmu memiliki batasan terhadap berbagai macam pengeluaran. Pastikan kamu mengatur hal ini di awal atau setelah menerima gaji. Pastikan bahwa kebutuhan sehari-hari menjadi prioritas utama yang mesti kamu penuhi. Lalu, barulah kamu menetapkan nominal tabungan dan kebutuhan sekunder yang akan kamu beli. Dengan begitu, kamu bisa survive dan menabung meski gaji hanya Rp2 juta per bulan.

BACA JUGA:HP Xiaomi Sering Muncul Iklan Bikin Ganggu Aktivitas, Begini Cara Menghilangkannya

2. Gunakan metode budgeting yang mudah
Supaya terkesan lebih praktikal, kenali juga berbagai metode budgeting. Misalnya, kamu bisa mencontoh metode budgeting 50/30/20 yang umum kita jumpai. Metode ini artinya 50% dari penghasilanmu dipusatkan untuk kebutuhan sehari-hari, 30% lainnya untuk memenuhi keinginan, dan 20% sisanya bisa dialokasikan untuk tabungan dan investasi.

Dengan gaji Rp2 juta per bulan, artinya kamu punya anggaran untuk operasional sehari-hari sebanyak Rp1 juta. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan uang senilai Rp600 ribu untuk memenuhi keinginan atau gaya hidup. Terakhir, masih ada Rp400 ribu yang bisa kamu alokasikan untuk tabungan atau investasi lainnya.

3. Catat pos pengeluaran rutin
Selain membuat rencana pengeluaran, penting juga bagi kamu untuk mencatat pos pengeluaran secara rutin. Pasalnya, laporan inilah yang akan memudahkanmu mengevaluasi pengeluaran di bulan berikutnya sekaligus menyesuaikan anggaran pemasukan dengan pengeluaran yang mestinya betul-betul mampu kamu habiskan. Kamu boleh menggunakan tools seperti Microsoft Excel agar catatan pengeluaranmu lebih detail.

BACA JUGA:Terima Sertifikat Sistem HACCP, UMKM Giwigewi Siap Tembus Pasar Luar Negeri

4. Gunakan fitur pembayaran tagihan otomatis
Memanfaatkan fitur pembayaran otomatis juga penting karena inilah yang akan membebaskanmu dari denda tagihan. Seiring bertambahnya umur, kamu pasti memiliki tagihan-tagihan yang mesti dibayarkan setiap bulannya, seperti listrik, air, WiFi, dan sebagainya. Semua layanan tersebut menetapkan denda apabila ada keterlambatan pembayaran. Inilah yang akan membuat pengeluaranmu semakin membengkak.

5. Utamakan hiburan yang gratis
Cara mengatur uang gaji 2 juta berikutnya yang bisa kamu lakukan apabila ingin memiliki tabungan adalah dengan mengutamakan hiburan yang bebas biaya. Kini sudah ada beragam pilihan wisata hiburan yang gratis bagi masyarakat, seperti mengunjungi taman kota, perpustakaan daerah, atau pasar dadakan. Kalau kamu hobi menonton film, mungkin berlangganan platform streaming akan lebih hemat daripada harus ke bioskop setiap minggu.

BACA JUGA:Tips Belanja Online Murah di Bulan Maret, Ikuti Caranya!

6. Biasakan membawa bekal sendiri
Jangan pernah malu untuk membawa bekal dari rumah, sebab inilah cara untuk menghemat pengeluaranmu. Bagaimana tidak? Ongkos makan dengan jajan di luar mungkin bisa 2-3 kali lebih mahal daripada ketika kamu masak. Jangan lupa juga untuk membawa bekal air putih sendiri supaya kamu bisa mengisi ulang di kantor tanpa perlu membeli air mineral botolan.

7. Kurangi penggunaan kredit
Credit card memang bisa jadi pilihan terbaik ketika kamu ingin mencicil sesuatu. Akan tetapi, sebenarnya ini juga menjadi penanda bahwa kamu belum mampu untuk membeli barang tersebut. Daripada berisiko tidak mampu melunasi tagihannya, lebih baik bila kamu mengurangi bahkan sama sekali tidak menggunakan kartu kredit ini. Mengurangi penggunaan kartu kredit juga akan membuat pengeluaranmu lebih hemat, sehingga kamu bisa mengalokasikannya sebagai anggaran tabungan.

BACA JUGA:BPS Catat 5 Komoditas di Kota Bengkulu yang Berpengaruh Besar Terhadap Inflasi

Intinya, kebiasaan menabung itu seharusnya tidak ada hubungannya dengan nominal gaji yang kamu peroleh setiap bulannya. Ketika pendapatan terbatas, kamu harus pintar-pintar mengatur prioritas dan mencari pilihan hiburan atau platform yang dapat mendukung gaya hidup tersebut. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: