Solusi Keuangan Rumah Tangga! Pinjaman Koperasi untuk Ibu Rumah Tangga 2024

Solusi Keuangan Rumah Tangga! Pinjaman Koperasi untuk Ibu Rumah Tangga 2024

Pinjaman koperasi untuk ibu rumah tangga memberikan manfaat yang besar, tidak hanya bagi individu namun juga masyarakat.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kebutuhan sehari-hari yang membengkak terkadang membuat ibu rumah tangga harus memutar otak untuk memperoleh uang tambahan. Tak jarang mereka meminjam uang dari bank keliling mingguan dengan bunga cukup tinggi sehingga bukannya membaik, keadaan justru semakin sulit. Karenanya koperasi hadir sebagai penyedia pinjaman yang paling tepat untuk ibu rumah tangga.

Koperasi masih populer di masyarakat karena memberikan bunga yang lebih rendah dibandingkan lembaga keuangan lainnya. Layanan berupa pinjaman koperasi untuk ibu rumah tangga dapat membantu masalah keuangan keluarga. Pada artikel ini akan dibahas secara tuntas bagaimana cara mengajukan pinjaman di koperasi serta apa saja persyaratannya.

BACA JUGA:Inilah Bank Penyedia Kredit Tanpa Agunan yang Pasti Disetujui

Sekilas Tentang Pinjaman Koperasi
Koperasi merupakan sebuah badan hukum yang bergerak di bidang ekonomi dan dioperasikan oleh anggotanya berdasarkan asas kekeluargaan. Berbeda dengan lembaga keuangan lain, koperasi berfokus pada kesejahteraan anggota meskipun beberapa telah memperluas layanan untuk non anggota, salah satunya koperasi simpan pinjam.

Koperasi ini memberikan pinjaman sekaligus tempat menyimpan uang bagi anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya. Kegiatan operasional koperasi simpan pinjam juga telah diawasi oleh OJK, sehingga keamanan transaksi terjamin.

Koperasi simpan pinjam melayani jasa penyimpanan, pengelolaan, dan peminjaman dana. Namun untuk mengajukan pinjaman dana, terlebih dahulu harus mendaftar sebagai anggota koperasi. Tidak membutuhkan proses yang rumit, Anda dapat mengikuti langkah sederhana berikut ini.

Bunga Pinjaman Koperasi
Setiap koperasi memiliki ketentuan berbeda terkait bunga yang dikenakan, namun rata-rata bunga Pinjaman Koperasi berkisar antara 7-8 % per tahun tergantung jenis pinjaman. Perlu diketahui jika terdapat tiga jenis bunga yang berlaku di koperasi, antara lain:

- Bunga Flat, berlaku untuk pinjaman jangka pendek. Perhitungannya sama setiap bulan sehingga tidak diperlukan penghitungan khusus
- Bunga Menurun (RC), dipengaruhi oleh besaran nilai pinjaman pokok. Semakin kecil pinjaman maka semakin kecil pula bunga yang harus dibayar
- Bunga Menurun Efektif (sliding rate), dihitung dari saldo akhir tiap bulan sehingga bunga yang dibayar akan terus menurun.

BACA JUGA:Mau Beli Motor Baru? Kredit Motor di Pegadaian Syariah Saja dan Ini Syaratnya

Tenor Pinjaman Koperasi
Jangka waktu pengembalian dana disesuaikan pada kesepakatan awal pinjaman. Berikut standar pengembalian pinjaman pada koperasi:
- Angsuran tetap, yaitu membayar pokok dan bunga secara bersamaan setiap bulan sesuai tanggal perjanjian
- Angsuran bunga menurun, yaitu mengangsur pokok pinjaman sesuai kemampuan atau dibayar sekaligus saat jatuh tempo sedangkan setiap bulannya hanya membayar bunga.
Setelah pelunasan selesai, selanjutnya koperasi akan mengembalikan barang yang dijadikan jaminan saat akad pinjaman. Pastikan tepat waktu dalam membayar angsuran maupun pelunasan agar tidak dikenai sanksi.

Limit Pinjaman Koperasi
Sesuai Peraturan Menteri No.15 Tahun 2015 mengenai Koperasi Simpan Pinjam, batas minimal dan maksimal pinjaman dana tidak disebutkan. Hal itu sesuai kesepakatan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT). Pinjaman koperasi untuk ibu rumah tangga merupakan langkah efektif untuk membantu perekonomian keluarga. Persyaratan yang mudah dan bunga rendah tidak akan memberatkan peminjam, terlebih kini koperasi mempermudah dengan menyediakan layanan digital.

BACA JUGA:Butuh Uang Tunai? Ini Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian Terbaru 2024

Rekomendasi Koperasi untuk Ibu Rumah Tangga
Sebelum mengajukan pinjaman dana, pastikan koperasi yang Anda pilih terjamin keamanannya. Salah satu caranya dengan mengunjungi situs web resmi Kementerian Koperasi dan UMKM di nik.depkop.go.id. Kemudian masukkan nama koperasi yang ingin dituju, apabila data muncul artinya koperasi tersebut telah berbadan hukum.Berikut beberapa koperasi yang telah berbadan hukum dan dapat Anda jadikan pilihan untuk mengajukan pinjaman dana:

1. KSP Namastra
Koperasi Namastra merupakan koperasi simpan pinjam yang didirikan pada tangga 23 Maret 2016. Kantornya berpusat di Jl. Kolonel Achmad Syam No. 179 C Tanah Baru, Bogor Utara – Bogor, Jawa Barat. Terdapat dua jenis pinjaman yang tersedia di koperasi ini, yaitu pinjaman namakarya untuk anggota yang bekerja sebagai karyawan dan pinjaman komersil berupa modal untuk pedagang atau pengusaha.

2. KSP Duta Sejahtera
Koperasi yang sudah mendirikan badan usaha sejak 5 Desember 1998 ini memiliki kantor pusat yang terletak di Jalan Satelit No. 6 Denpasar. Koperasi Duta Sejahtera memiliki empat produk pinjaman, yaitu pinjaman konsumtif, pinjaman produktif, pinjaman investasi, dan pinjaman mikro.

3. KSP Buana Artha Prima
Koperasi Buana Artha Prima merupakan koperasi primer tingkat nasional yang berdiri pada tanggal 12 Desember 2012. Koperasi ini menyediakan tiga jenis pinjaman, di antaranya pinjaman flat, tempo, dan menurun.Apabila tertarik Anda dapat mengunjunginya di kantor pusat Jl. Abdulrahman Saleh No. 226 F, Kelurahan Manyaran, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

BACA JUGA:Proses Mudah! KUR BPD Bali 2024 Bantu Permodalan UMKM

4. KSP Syariah Artha Mulia
Koperasi yang melayani jasa keuangan syariah ini didirikan pada tanggal 13 Februari 2018 dengan menerapkan tata kelola setara perbankan. Sesuai dengan namanya, koperasi ini menjamin transaksi terhindar dari riba maupun penipuan. Kantor pusatnya berada di Gedung Shakira Lantai 1 Jl. Taman Pahlawan No. 37 Purwakarta.

5. KSP Maju Wijaya
Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Maju Wijaya atau yang lebih dikenal dengan koperasi Maju didirikan di Jakarta pada tanggal 21 September 2012. KSP ini bergerak dalam bidang simpan pinjam dan telah mendapat pengesahan dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia.

Pinjaman Koperasi Maju tersedia untuk ibu rumah tangga yang mau meningkatkan usaha maupun untuk keperluan lainnya. Bagi anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya bisa mengunjungi KSP Maju yang beralamat di Gedung Prasadha Jinarakkhita, Jl. Raya Kembangan Blok JJ Kembangan Selatan, Jakarta Barat, 11610.

6. Koperasi Simpan Pinjam Online
Bagi ibu rumah tangga yang tidak memiliki waktu mengurus pengajuan dana ke koperasi, maka aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Online bisa menjadi solusi. Anda bisa melakukan pendaftaran dan pengajuan pinjaman secara online tanpa perlu datang ke tempat. Syarat untuk menjadi anggota tidak jauh berbeda dari koperasi lainnya, lengkapnya dapat Anda akses melalui website resmi Koperasi. Pastikan KSP online yang dipilih sudah aman dan mengantongi izin usaha dari pemerintah dan OJK.

Selain koperasi yang disebutkan di atas, tentu ada banyak koperasi lain yang tersebar di setiap wilayah. Anda dapat menentukan mana yang paling tepat dalam memberikan pinjaman koperasi untuk ibu rumah tangga.

BACA JUGA:Keunggulan KUR Bank Sumut Bagi Pengusaha Mikro dan Kecil

Syarat Pinjaman Koperasi untuk Ibu Rumah Tangga
Untuk menjadi anggota koperasi caranya cukup mudah, Anda akan diminta mengisi formulir pendaftaran. Selanjutnya petugas akan menjelaskan syarat dan ketentuan yang harus Anda setujui, yaitu membayar simpanan pokok dan simpanan wajib sesuai ketentuan koperasi. Kemudian menyetujui anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, serta mematuhi segala peraturan yang berlaku di sana. Jika telah melakukan proses tadi, Anda telah resmi menjadi anggota dan dapat mengajukan pinjaman dana.

Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi untuk Ibu Rumah Tangga
Bagi ibu rumah tangga yang tertarik meminjam uang di koperasi, beberapa langkah mudah berikut akan membantu Anda.
- Membawa Dokumen yang Diperlukan : Beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan antara lain fotokopi KTP Anda dan pasangan, fotokopi kartu keluarga, rekening listrik, slip gaji, dan jaminan.
- Bawa Jaminan : Barang yang dapat dijadikan jaminan seperti BPKB, sertifikat deposito, akta kepemilikan tanah, dan surat berharga lainnya. Pastikan Anda melengkapi semua dokumen yang diperlukan sebelum mengajukan pinjaman dana.
- Mengisi Formulir Pengajuan : Setelah dokumen diserahkan kepada petugas, Anda akan diminta mengisi formulir pengajuan pinjaman dana. Formulir inilah yang akan dijadikan pertimbangan oleh koperasi, sehingga usahakan untuk mengisi data dengan benar dan jujur.
- Menunggu Persetujuan Koperasi : Selanjutnya Anda perlu menunggu persetujuan dari koperasi. Jika semua persyaratan telah dipenuhi, koperasi akan memberitahukan persetujuan secepatnya.
- Menerima Pencairan Dana : Setelah pengajuan disetujui, pinjaman dana akan dicairkan melalui rekening Anda. Pastikan juga untuk membayar angsuran tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan.

BACA JUGA:Miliki Konfigurasi Tiga Kamera Belakang Apik, Ini Spesifikasi dan Harga HP POCO X5 Pro 5G

Keuntungan Meminjam Uang di Koperasi
Pinjaman koperasi untuk ibu rumah tangga memberikan manfaat yang besar, tidak hanya bagi individu namun juga masyarakat. Sebab dengan terpenuhinya kebutuhan keluarga, maka kesejahteraan dalam masyarakat akan tercipta. Berikut manfaat yang dapat Anda peroleh dengan meminjam dana di koperasi:

- Memperoleh Dana untuk Modal Usaha : Koperasi memberikan kemudahan bagi anggotanya yang ingin membuka usaha tetapi belum memiliki modal. Pengajuan pinjaman yang lebih sederhana dibandingkan perbankan umum menjadikan koperasi digemari masyarakat, utamanya pelaku usaha mikro.
- Proses Peminjaman Lebih Mudah : Pengajuan pinjaman di koperasi lebih mudah, calon peminjam cukup mengisi formulir dan menyertakan beberapa dokumen pendukung seperti fotokopi KTP, slip gaji, dan dokumen yang dibutuhkan lainnya.
- Membantu Masalah Finansial Keluarga : Dengan adanya modal dari koperasi, maka anggota dapat menjalankan usaha sehingga meningkatkan pendapatan. Bunga yang rendah juga tidak akan memberatkan anggota.
- Terhindar dari Rentenir : Karenanya dengan meminjam dana di koperasi, ibu rumah tangga dapat menghindari hutang rentenir. Meskipun memberi dana pinjaman dalam jumlah besar dan cepat, tetapi bunga yang tinggi akan mempersulit peminjam di kemudian hari.

BACA JUGA:Begini Cara Cek Tagihan Mandiri Utama Finance Secara Online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: