Gurihnyua Dorokdok, Kerupuk Kulit Khas Garut yang Terbuat dari Kulit Kerbau

Gurihnyua Dorokdok, Kerupuk Kulit Khas Garut yang Terbuat dari Kulit Kerbau

Dorokdok menjadi camilan khas Garut, Jawa Barat-Pinterest -

BACA JUGA:8 Rekomendasi Oleh-oleh Wajib Khas Bengkulu

Pada awalnya, pembuatan kerupuk kulit dorokdok masih dilakukan secara tradisional. Kulit sapi yang telah diambil dari peternakan dijemur terlebih dahulu hingga benar-benar kering. 

Setelah itu, kulit sapi digoreng dalam minyak panas hingga mengembang dan terlihat renyah. Kerupuk kulit dorokdok pun siap untuk dikemas dan dijual.

Untuk merasakan nikmatnya cita rasa Dorokdok tentu terlbih dahulu harus melalui proses yang panjang dan memerlukan waktu yang tidak sebentar. 

Hingga akhirnya bisa disantap dan dipadukan dengan berbagai makanan berkuah seperti soto dan bakso, rasanya benar-benar nikmat. 

BACA JUGA:Mencoba Cita Rasa Peuyeum Olahan Singkong Fermentasi Khas Bandung

Untuk membuat Dorokdok kulit yang akan diolah menjadi kerupuk ini harus melalui pembersihan kemudian direbus, setelah itu dipotong-potong sesuai selera.

Lalu dijemur, setalah kering diberi bumbu, kemudian dijemur kembali hingga kering. Baru setelah itu digoreng.

Nah, cara penggorengan pun berbeda dengan kerupuk pada umumnya. Di mana kerupuk digoreng dalam minyak kelapa dengan api sedang, hingga menghasilkan kerupuk setengah mengembang. Setelah itu digoreng kembali dalam minyak kelapa panas sampai kering.

Tidak sulut untuk mnemukan kerupuk yang satu ini. Biasanya Dorokdok banyak ditawarkan pada pedagang oleh-oleh di Kabupaten Garut baik  di toko yang berada di pinggir jalan maupun pasar. 

BACA JUGA:8 Rekomendasi Oleh-oleh Wajib Khas Bengkulu

Selain di Kabupaten Garut, dorokdok pun banyak dijual para pedagang di Kabupaten Bandung dan Kota Bandung.

Jadi jika kamu berkunjung ke Jawa Barat khususnya Garut jangan lupa untuk menjadikan Dorokdok sebagai salah satu oleh-oleh pilihan untuk dibawa pulang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: