Kelompok Sekte Kontroversial yang Pernah Muncul di Indonesia

Kelompok Sekte Kontroversial yang Pernah Muncul di Indonesia

Sunda Empire adalah kelompok asal Jawa Barat yang mengklaim kalau mereka memiliki wilayah kekuasaan yang bukan hanya mencakup seluruh Indonesia, tetapi membentang mulai dari Korea hingga Australia.--

Hal lain yang menjadi sorotan dari agama ciptaan Lia Eden adalah agamanya memperbolehkan penganutnya memakan babi. Ia juga menganjurkan kepada para pengikutnya untuk menggunduli kepala dan melukai diri memakai api.

Kontroversi terkait Lia belum sampai di sana. Ia mengaku pernah bertemu dengan Malaikat Jibril pada tahun 1997. Ia juga menyebut dirinya sebagai titisan Bunda Maria dan mengklaim kalau anaknya, Ahmad Mukti, adalah titisan Yesus Kristus. Lia kemudian mendirikan kelompok baru yang bernama Kerajaan Tuhan untuk mengumpulkan orang-orang yang meyakini ajarannya.

Sepak terjang Lia Eden lambat laun menyebabkan orang-orang di sekitarnya merasa gelisah. Bulan Desember 2005, Lia Eden akhirnya ditangkap di kediamannya di Jakarta Pusat. Ia kemudian dijatuhi hukuman penjara 2 tahun atas tuduhan melakukan penodaan terhadap agama.

Hal tersebut nyatanya tetap tidak membuat Lia Eden merasa jera. Pada bulan Desember 2008, Lia Eden lagi-lagi ditangkap oleh polisi akibat tuduhan serupa. Tindak tanduknya baru benar-benar berhenti setelah pada tahun 2021, Lia Eden dikabarkan meninggal dunia.

BACA JUGA:Inilah Fungsi Utama Apple Air Tag yang Perlu Anda Ketahui

Sunda Empire
Inilah nama kelompok yang belakangan ini begitu menimbulkan kehebohan. Pasalnya saat masih aktif, kelompok ini sempat melontarkan aneka macam klaim bernada bombastis dan turut melibatkan nama-nama terkenal dari luar negeri.

Sunda Empire adalah kelompok asal Jawa Barat yang mengklaim kalau mereka memiliki wilayah kekuasaan yang bukan hanya mencakup seluruh Indonesia, tetapi membentang mulai dari Korea hingga Australia.

Klaim Sunda Empire masih belum berhenti sampai di sana. Kelompok ini mengklaim kalau organisasi luar negeri macam PBB dan Pentagon aslinya merupakan organisasi yang berasal dari Bandung. Mereka bahkan mengklaim kalau tokoh-tokoh terkenal seperti Bill Gates dan Jack Ma akan bergabung dengan Sunda Empire.

BACA JUGA:Baru Dirilis! Ini Dia Keungguan Oppo A79 5G, Tawarkan Ultra-Clear Image 108 MP Hasil Foto Lebih Detail dan Jer

Sunda Empire juga percaya kalau di kemudian hari, dunia akan dilanda bencana perang nuklir. Supaya orang-orang selamat dari bahaya perang nuklir, mereka dianjurkan untuk menjadi anggota Sunda Empire.

Sebagai kelompok yang mengklaim dirinya sebagai negara, Sunda Empire juga memiliki tokoh-tokoh pejabatnya sendiri. Jabatan Kaisar Sunda Empire ditempati oleh sosok yang bernama Raden Ratna Ningrum. Jabatan Perdana Menteri ditempati oleh Nasri Banks. Kemudian yang menempati jabatan Sekretaris Jenderal adalah Rangga Sasana.

BACA JUGA:Buruan! Kredit Hp di Lazada Bunga 0% Tanpa Kartu kredit

Sunda Empire pertama kali menarik perhatian publik pada tahun 2020 ketika seorang netizen yang bernama Renny Khairani Miller giat mengunggah hal-hal seputar Sunda Empire di akun Facebook miliknya. Bulan Januari 2020, polisi akhirnya memutuskan untuk turun tangan dan menangkap ketiga orang petinggi Sunda Empire. Mereka dijatuhi hukuman 2 tahun penjara atas tuduhan menyebarkan berita bohong.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: