8 Amalan Spesial di Hari Jumat dan Keutamaanya, Simak Ulasan Berikut Ini

8 Amalan Spesial di Hari Jumat dan Keutamaanya, Simak Ulasan Berikut Ini

Amalan-amalan spesial di hari Jumat-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Sholat Subuh berjamaah pada hari Jumat merupakan salat paling afdhal yang dilakukan seorang hamba dalam sepekan. Ibnu Umar mengabarkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Sholat paling afdhal di sisi Allah adalah Salat Subuh pada hari Jumat secara berjamaah," (HR Al-Baihaqi).

Dan di antara kekhususan Sholat Subuh pada hari Jumat adalah disunnahkan membaca surat As-Sajdah pada rakaat pertama dan Surat Al-Insan pada rakaat kedua. Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan hal ini dari Abu Hurairah.

"Bahwa Nabi SAW biasa membaca pada shalat subuh di hari Jumat Alif Lam Mim Tanzil (Surat As Sajdah) dan hal Ata Alal Insani hinum minad Dahr (Al Insan)," (HR. Bukhari dan Muslim)

Menurut Al-Hafidz Ibnu Hajar, hikmah disunnahkannya membaca dua surat ini pada Jumat Subuh adalah karena kandungan kedua surat ini memberikan penjelasan tentang penciptaan Adam dan keadaan huru-hara hari kiamat.

Hal ini karena Adam diciptakan pada hari Jumat dan kiamat akan terjadi pada hari Jumat.

3. Waktu Mustajab untuk Berdoa 

Doa yang dipanjatkan pada hari Jumat memiliki peluang besar untuk dikabulkan oleh Allah. Hal ini karena Rasulullah SAW bersabda tentang hal ini:

"Sesungguhnya pada hari Jumat itu ada satu saat, tidak ada seseorang yang memohon sesuatu kepada Allah pada saat itu melainkan Allah pasti akan memberi kepadanya," (HR Ibnu Majah dan At-Tirmidzi).

Dalam riwayat Imam Ahmad, waktu tersebut adalah setelah shalat Ashar. Sementara dalam riwayat Muslim dan Abu Daud, waktu mustajab tersebut adalah antara Imam (khatib) duduk di mimbar untuk khutbah sampai selesai Shalat Jumat.

Abu Musa Al-Asy'ari mengatakan bahwa Rasulullah Saw. bersabda tentang saat mustajabnya doa di hari Jumat:

"Yaitu antara Imam (khatib) duduk?di atas mimbar sampai selesai shalat," (HR Muslim dan Abu Dawud).

Di antara keutamaan dan keistimewaan hari Jumat adalah bahwa orang yang meninggal pada malam atau hari Jumat memiliki peluang besar untuk memperoleh husnul khatimah (akhir kehidupan yang baik) dan dijauhkan dari fitnah kubur.

BACA JUGA:Inilah Waktu yang Mustajab untuk Berdoa di Hari Jumat, Simak Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

BACA JUGA:Waktu Istimewa untuk Berdoa di Hari Jumat, Syekh Ali Jaber: Hanya 1 Jam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: