8 Amalan Spesial di Hari Jumat dan Keutamaanya, Simak Ulasan Berikut Ini

8 Amalan Spesial di Hari Jumat dan Keutamaanya, Simak Ulasan Berikut Ini

Amalan-amalan spesial di hari Jumat-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Dari Abdullah bin 'Amr radhiyallahu anhuma, Rasulullah SAW bersabda:

"Tidaklah seorang muslim meninggal dunia pada hari Jumat atau pada malam Jumat melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah (pertanyaan) kubur," (HR Tirmidzi, Ahmad, Humaid, Abu Ya'la, dan Al-Baihaqi).

4. Pahala Sedekah Berlipat Ganda

"Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari Jumat (yakni bila sedekah itu pada hari Jumat maka pahala berlipat ganda dari hari lain," (HR Abi Syaibah).

Pelipatgandaan pahala sedekah di hari Jumat disebabkan oleh kemuliaan waktu, di mana beberapa faktor menyebabkan suatu amal dilipatgandakan pahalanya.

Salah satunya adalah karena keutamaan waktu dan tempat di mana amalan tersebut dilakukan.

Keutamaan sedekah di Hari Jumat terjadi karena ada "gabungan" dua kebaikan tersebut, yaitu sedekah dan hari Jumat, yang sama-sama mulia dan penuh keutamaan.

Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Qayyim.

"Sedekah pada hari itu (Jumat) dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti sedekah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya,".

5. Mendapat Pahala Senilai Qurban

Abu Hurairah mengabarkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat seperti mandi janabah lalu segera pergi ke masjid pada jam yang pertama maka seakan-akan berkurban dengan unta yang gemuk, dan barangsiapa yang pergi pada jam yang kedua, maka seakan-akan ia berkurban dengan sapi betina, dan barangsiapa pergi pada jam yang ketiga, maka seakan-akan ia berkurban dengan domba yang bertanduk, dan barangsiapa yang  pergi pada jam yang keempat seakan-akan ia berkurban dengan seekor ayam, dan barangsiapa yang pergi pada jam kelima, maka seakan-akan ia berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam telah keluar (untuk berkhutbah), maka para Malaikat turut hadir sambil mendengarkan dzikir (nasihat/peringatan)" (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Hukum Memotong Kuku di Hari Jumat, Bernahkan Sunnah? Berikut Penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah

BACA JUGA:Keutamaan Hari Jumat, Baca Doa ini Setelah Sholat Jumat dan Ashar, Ustadz Adi Hidayat: Rezeki Akan Melimpah

6. Membaca Surah Al Kahfi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: