8 Amalan Spesial di Hari Jumat dan Keutamaanya, Simak Ulasan Berikut Ini

8 Amalan Spesial di Hari Jumat dan Keutamaanya, Simak Ulasan Berikut Ini

Amalan-amalan spesial di hari Jumat-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Amalan keutamaan hari Jumat berikutnya adalah dengan membaca surah Al-Kahfi. Hal ini seringkali diingatkan agar umat Islam dapat istiqomah dalam menjaga bacaan surah yang banyak menyinggung tentang hari kematian ini.

Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat," (HR  Imam al-Hakim).

7. Memperbanyak Sholawat

Memperbanyak bacaan shalawat menjadi keutamaan hari Jumat berikutnya. Amalan ini bisa Anda mulai sejak Kamis petang hingga berakhirnya Jumat tengah malam.

"Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum?at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum?at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti," 

(HR Baihaqi).

8. Memperbanyak Doa

Selain memperbanyak shalawat Nabi, disarankan untuk banyak memanjatkan doa kepada Allah SWT sebagai keutamaan hari Jumat.

Sebab, terdapat harapan yang mudah dikabulkan, yang bertepatan dengan waktu ijabah.

Meskipun waktu tersebut dirahasiakan di antara 24 jam dalam hari Jumat, alangkah baiknya selalu berdoa setiap waktu untuk memperoleh waktu ijabah tersebut.

BACA JUGA:Baca Doa Khusus Hari Jumat, Kata Ustadz Adi Hidayat Segala Hajat Dikabulkan

BACA JUGA:Perbanyak Doa di Hari Jumat, Ustadz Abdul Somad Bocorkan 3 Waktu Paling Mustajab untuk Berdoa

"Pada hari ini (Jumat) ada waktu yang mulia yang mana doa akan dikabulkan secara mutlak dan waktu tersebut disamarkan pada keseluruhan hari itu seperti halnya yang diungkapkan oleh Al-Imam Al-Ghazali dan selainnya,".

Itulah penjelasan tentang 8 amalan spesial hari Jumat dan keutamaannya. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: