Ini Dia Obat Tradisional yang Aman untuk Balita yang Susah Buang Air Besar

Ini Dia Obat Tradisional yang Aman untuk Balita yang Susah Buang Air Besar

Kurang cairan juga akan membuat anak mengalami kesulitan saat pup karena usus harus bekerja lebih keras untuk membuang feses.--

6. Buah Prune
Melancarkan buang air besar pada balita juga bisa dilakukan dengan memberikan buah prune secara rutin. Makanan ini diketahui mengandung senyawa sorbitol yang bisa memberikan efek laksatif (pencahar alami) sehingga pup menjadi lebih lancar. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan buah prune kering yang banyak dijual di marketplace.

7. Mi Shirataki
Mi shirataki tidak cuma digemari karena rendah kalori, tapi juga mengandung serat glucomannan dan lebih banyak air yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Konsumsi mi shirataki nggak hanya akan melancarkan buang air besar, tapi juga mendukung berat badan tetap ideal.

Ada beberapa jenis makanan yang mesti dihindari anak agar tidak mengalami konstipasi, misalnya daging merah, makanan kalengan, fast food, makanan olahan, snack kemasan yang tinggi MSG, serta produk susu yang mengandung laktosa. Ya, sebagian anak memang mempunyai intoleransi laktosa, yakni kondisi berupa ketidakmampuan tubuh mencerna laktosa sehingga menimbulkan berbagai reaksi, salah satunya sembelit.

BACA JUGA:Wujudkan Pernikahan Impian Bersama Santika Indonesia Hotels & Resorts di Santika Best Wedding Deals 2024

Bila Anda sudah menerapkan cara-cara di atas, tapi si kecil masih tetap mengalami susah buang air besar atau bahkan menunjukkan gejala-gejala tak wajar tertentu, segera periksakan ke dokter agar ia mendapatkan penanganan atau obat yang sesuai ya. Semoga bermanfaat.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: