Ternyata, Air Kelapa Punya Manfaat yang Menakjubkan untuk Bayi

Ternyata, Air Kelapa Punya Manfaat yang Menakjubkan untuk Bayi

Jangan buru-buru memberikan air kelapa untuk bayi dalam jumlah yang sekaligus banyak.--

BACA JUGA:Bawa Sentuhan Retro Honda Astrea, Motor Bebek Gpx Rock 110 Bikin Nostalgia

Adanya Kemungkinan Munculnya Hiperkalemia
Kandungan potasium yang tinggi pada air kelapa dapat berdampak kurang baik untuk bayi bila diberikan terlalu banyak. Sebaiknya memberikan air kelapa untuk bayi dengan porsi yang cukup karena bila terlalu berlebihan akan memicu kondisi hiperkalemia yaitu kondisi dimana kadar kalium dalam darah menjadi tinggi.

Kelebihan kalium pada tubuh tidak baik karena akan mengakibatkan masalah pada ginjal, dehidrasi, sering masuk angin, dan bahkan sering mengalami perut kembung. Tentunya hal ini akan membuat bayi Ibu tidak nyaman dan bisa membuatnya rewel seharian, ada baiknya memberikan air kelapa dengan kadar yang pas ya Bu.

Saran Penyajian Air Kelapa untuk Bayi
Masih merasa bingung bagaimana baiknya memberikan air kelapa untuk bayi Ibu? Berikut ini ada beberala saran penyajian yang dapat diterapkan saat memberikan air kelapa untuk bayi, melansir dari laman Mom Junction:

Sajikan Air Kelapa dalam Keadaan Segar
Air kelapa untuk bayi sebaiknya diberikan saat masih segar atau fresh yang didapat langsung dari butiran buah kelapa yang baru saja dibuka. Bila harus memilih air kelapa kemasan, perhatikan terlebih dahulu tanggal kadaluarsa pada kemasan dan periksa kembali apakah ada pengawet pada air kelapa kemasan tersebut. Selain hal ini, sebaiknya Ibu memberikan air kelapa murni tanpa tambahan air atau hanya konsentrat air kelapa saja karena bisa jadi kandungan gizinya tidak seimbang.

BACA JUGA:Rambah Pasar Matic Trail, Yamaha Rilis Zuma 125 Motor Petualang yang Irit BBM

Berikan Air Kelapa untuk Bayi Secara Bertahap
Jangan buru-buru memberikan air kelapa untuk bayi dalam jumlah yang sekaligus banyak. Berikan porsi seteguk hingga dua teguk untuk bayi Ibu lalu kemudian periksa setelah dua hari apakah memunculkan dampak yang buruk atau alergi pada tubuhnya. Bila dirasa si kecil menikmati air kelapa tersebut dan tidak ada reaksi alergi yang muncul, Ibu bisa memberikan air kelapa untuk bayi secara rutin. Perlu diwaspadai bila terjadi alergi, Ibu juga harus cermati makanan apa saja yang telah diberikan bersamaan dengan air kelapa yang diminum si kecil.

Hindari Menyimpan Air Kelapa
Penyimpanan air kelapa untuk bayi di lemari es tidak disarankan karena ditakutkan akan mengubah rasa dan nilai gizi, apalagi bila disimpan terlalu lama. Untuk air kelapa kemasan, sebaiknya tidak disimpan lebih dari 1 jam. Hindari memberikan air kelapa kemasan yang sudah dibuka dan disimpan dalam lemari es terlalu lama.

Air Kelapa diberikan Saat Bayi Sedang Flu dan Pilek
Pilek dan flu bisa menyebabkan dehidrasi dan air kelapa untuk bayi dapat membantu menghidrasi tubuh bayi supaya tidak kekurangan cairan. Namun untuk selengkapnya, Ibu bisa berkonsultasi pada dokter, terutama bila pilek dan flu terjadi semakin buruk dan tidak biasa. Mengkonsumsi air putih yang banyak juga baik untuk tubuh saat pilek dan flu.

Tidak Diperkenankan Mencampur Air Kelapa dan Susu Formula
Air kelapa sebaiknya tidak dicampur dengan bahan lainnya seperti susu formula karena saran penyajian susu formula adalah hanya dicampurkan dengan air minum yang bersih dan juga matang. Susu formula didesain telah memiliki nutrisi yang cukup untuk si kecil tanpa perlu tambahan cairan apa pun selain air putih.

BACA JUGA:Danamon Gandeng DANA Berikan Suku Bunga Sampai Dengan 3% Per Tahun, Gimana Caranya?

Air Kelapa Bukan untuk Menggantikan Air Putih
Ibu, perlu diperhatikan kembali bahwa air kelapa diberikan untuk bayi hanya sebagai tambahan nutrisi pelengkap dan tidak dapat menggantikan air putih. Mengkonsumsi air putih secara ruti selain asi atau susu formula masih lebih baik daripada jenis cairan lainnya. Air putih juga dapat membantu menghidrasi tubuh si kecil dan tidak menyebabkan hiperkalemia (kelebihan kalium pada darah) seperti bila mengkonsumsi air kelapa berlebih.

Air Kelapa Baik Di Segala Musim
Air kelapa untuk bayi dapat dikonsumsi kapan saja, namun karena sifatnya menghidrasi tubuh, maka bila dikonsumsi pada musim dingin akan membuat si kecil sering pipis, sementara bila dikonsumsi saat musim panas akan terasa lebih menyegarkan untuk tubuh. Ini semua tergantung pilihan Ibu ya, selama tidak memberikan air kelapa untuk bayi secara berlebihan, maka masih dalam kondisi aman.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: