Bahas Pengendalian Inflasi di Sektor Transportasi, Dishub Kota Bengkulu Kembali Data Angkot dan Angkutan Umum

Bahas Pengendalian Inflasi di Sektor Transportasi, Dishub Kota Bengkulu Kembali Data Angkot dan Angkutan Umum

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bengkulu menggelar rapat terkait Pengendalian Inflasi Daerah di ruang rapat Dishub yang dipimpin langsung oleh Asisten II Sehmi.-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemkot Bengkulu melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bengkulu menggelar rapat terkait Pengendalian Inflasi Daerah di ruang rapat Dishub yang dipimpin langsung oleh Asisten II Sehmi. 

Hal itu dilakukan menindaklanjuti arahan Pj Walikota Bengkulu dalam upaya mengendalikan inflasi melalui sektor transportasi. 

Adapun pertemuan ini juga dihadiri oleh PT Jasa Raharja Cabang Bengkulu, Perwakilan dari BPTD (Balai Pengelolaan Transportasi Darat) kelas III Bengkulu, Pihak Polresta Bengkulu, Organda Provinsi Bengkulu, Organda Kota Bengkulu, Pertanian Kota Bengkulu dan Bagian Perekonomian.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bengkulu Hendri Kurniawan menjelaskan, sebagai langkah awal untuk mengendalikan inflasi melalui sektor transportasi, Dishub akan melakukan pendataan kembali angkutan umum dan angkutan kota melalui organda khusus yang resmi terdaftar dan memiliki izin.

BACA JUGA:Program Samisake Tunggu Izin Kejari Bengkulu, Aturan Diperketat

Apalagi inflasi yang terjadi pada sektor transportasi tersebut dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). 

Dari kenaikan harga BBM tersebut, berakibat pada naiknya tarif angkutan baik angkutan umum maupun angkutan kota.

“Nanti kita akan bantu mencoba mengimprov dengan menggunakan sistem By the Service (BTS) yakni layanan transportasi perkotaan. Artinya nanti seluruh angkutan itu coba kita kumpulkan dan kita beri subsidi operasional. Per satuan kilometer itu ada subsidi dibantu pemerintah,” ujar Kadishub Hendri, Rabu 31 Januari 2024.

Maka dari itu, ia menegaskan bahwa sektor perhubungan harus mempunyai inovasi-inovasi yang mampu dilakukan sehingga memastikan arus barang dan jasa bisa berjalan lancar dan tidak terkendala.

BACA JUGA:Ditugaskan Tangani Stunting, Penyuluh KB di Kota Bengkulu Dapat 26 Unit Motor Dinas

Sementara itu, Sehmi menambahkan, Pemkot melalui Dishub akan mengaktifkan kembali terminal Panorama sehingga perlu adanya penertiban baik parkir dan bongkar muat di sekitar Panorama.

Kemudian Kepala Cabang Jasa Raharja Rio dan Dodi Efendi selaku Perwakilan BPTD kelas III juga menyampaikan pandangan dan upaya-upaya untuk mengendalikan inflasi di Kota Bengkulu. 

Di samping itu, Organda Provinsi Bengkulu dan Organda Kota Bengkulu juga memberi masukan-masukan terkait pengendalian inflasi di sektor transportasi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: