Ada Sejak 700 Tahun Lalu! Desa di Belitung Timur Ini Jadi Lokasi Wisata Tambang Timah dan Intan Hitam

Ada Sejak 700 Tahun Lalu! Desa di Belitung Timur Ini Jadi Lokasi Wisata Tambang Timah dan Intan Hitam

keberadaan batu satam di Bangka Belitung ini juga sangat erat kaitannya dengan pengendapan timah alluvial serta ditemukan oleh penambang timah alluvial--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu tempat wisata populer yang ada di Belitung Timur adalah Garumedang Tektites Geosite. Tempat wisata ini sendiri letak tepatnya ada di Dusun Garumedang, Desa Sukamandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

BACA JUGA:Habiskan Biaya 1 Juta Gulden, Masjid Megah di Medan Ini Dirancang Arsitek Belanda

Garumedang sendiri berasal dari dua kata yaitu gaharu dan medang yang merupakan nama pohon di daerah setempat. Lokasinya sendiri sampai saat ini masih aktif sebagai salah satu Geosite Unesco Global atau UGG. Saat berkunjung ke Garumedang Tektites Geosite, maka wisatawan dapat menjelajahi area sekelilingnya memakai perahu.

BACA JUGA:Sakit Maag Bisa Sembuh Tanpa Minum Obat, dr Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Makanan Ini

Tempat ini sendiri sering dijadikan sebagai lokasi edukatif untuk mengenal sejarah penambangan timah dan intan hitam atau bilitonite. Masyarakat menyebut intan hitam ini dengan istilah satam. Ketahui juga bahwa batu satam ini ternyata termasuk batuan khas Indonesia yang ditemukan di pulau ini.


Sesuai dengan namanya yaitu intan hitam, bebatuan tersebut memiliki warna hitam dengan tekstur berupa urat-urat yang sangat khas. Batu ini sendiri juga tergolong sebagai batu langka yang terbetuk dari proses reaksi tabrakan antara meteor dengan lapisan bumi yang mengandung timah tinggi.

BACA JUGA:Gratis Biaya Admin, Begini Cara Praktis Bayar Tagihan Home Credit Lewat Aplikasi DANA

Tidak hanya itu, keberadaan batu satam di Bangka Belitung ini juga sangat erat kaitannya dengan pengendapan timah alluvial serta ditemukan oleh penambang timah alluvial. Tidak heran jika menjadikan Garumedang Tektites Geosite sebagai sumber timah paling melimpah di Bangka Belitung.

BACA JUGA:4 Keuntungan Menggunakan DANA Bisnis, Begini Cara Tarik Saldonya ke Rekening Bank

Melansir dari laman resmi Garumedang Tektites, batu sadam ini jatuh ke bumi sejak 700 ribu tahun lalu. Keberadaannya juga termasuk bagian dari Asutralasian Tektites Strewn Field. Wisatawan dapat berkunjung ke tempat wisata ini untuk melihat langsung mengenai keajaiban geologi tersebut.


Selain melihat penemuan batu sadam dan mempelajari proses pembentukannya, wisatawan juga dapat belajar tentang flora dan fauna endemik di sekitarnya. Ada banyak juga beberapa keseruan lainnya yang bisa dilakukan. Seperti naik perahu, memancing, hingga berkemah.


BACA JUGA:Baca Amalan ini 40 Kali di Hari Jumat, Habib Hanif Alathos: Agar Cepat Kaya

Lokasi wisata ini sendiri telah dibuka sejak tahun 2018 lalu dengan tema warisan gelologi bernama “astrobleme”. Tema ini dipakai karena astrobleme adalah material impact yang jatuh ke bumi berupa asteroid muda.Tempat edukasi ini sendiri dikelola oleh pemuda desa setempat yang bermitra dengan BUMDes Sukamandi dan PT Gravica. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: