Orangtua Wajib Tahu! Kanker Jenis Ini Rawan Menyerang Anak anak!

Orangtua Wajib Tahu! Kanker Jenis Ini Rawan Menyerang Anak anak!

Di Indonesia sendiri penderita kanker darah atau leukemia diderita mulai usia 3-6 tahun kurang lebih sebanyak 30-40% anak-anak.--

6. Rhabdomyosarcoma
Rhabdomyosarcoma merupakan jenis kanker pada jaringan lunak tubuh seperti otot. Jika melansir Kids Health jenis kanker ini biasanya dapat memengaruhi kepala, leher, kandung kemih, vagina, lengan, kaki, batang tubuh, atau hampir semua bagian tubuh.

Sel-sel dari rhabdomyosarcomas mudah sekali tumbuh dengan cepat dan dapat menyebar (bermetastasis) ke bagian lain dari tubuh. Jenis kanker ini biasanya diderita oleh anak mulai rentan usia 2-6 tahun dan 15-19 tahun. Pengobatan jenis kanker ini sendiri mencakup kombinasi kemoterapi, pembedahan, dan radiasi. Dengan deteksi dini dan perawatan tepat waktu, kebanyakan memiliki kesempatan untuk sembuh lebih besar.

BACA JUGA:Kopi Kemasan Botol Milik Brand Lokal Ini Punya Kualitas Bintang Lima

7. Retinoblastoma
Retinoblastoma adalah kanker mata yang menyumbang sekitar 2% dari kanker anak di dunia. Biasanya terjadi pada anak-anak sekitar usia 2 tahun, dan jarang ditemukan pada anak-anak yang lebih tua dari 6 tahun. Retinoblastoma biasanya dicurigai karena orang tua atau dokter melihat mata anak terlihat tidak biasa. Kanker ini lebih tampak jelas ketika kita menyinari mata anak-anak (atau mengambil gambar flash), pupil (titik gelap di tengah mata) terlihat terdapat bercak darah di belakang mata. Pada mata dengan retinoblastoma, pupil sering terlihat putih atau merah muda.

BACA JUGA:Bikin Gaya Makin Mentereng! Ini Dia Tas Kulit Lokal yang Tak Kalah dengan Brand Luar Negeri

8. Kanker tulang
Bone cancer atau kanker tulang adalah salah satu jenis kanker yang terjadi pada anak yang terakhir. Di Indonesia sendiri kanker tulang diderita 20-30% anak mulai dari usia 10 tahun. Kanker tulang juga terdiri dari dua jenis yakni osteosarcoma (sering ditemukan pada remaja) dan ewing sarcoma. Namun kedua jenis kanker ini biasanya sering menyerang bagian lengan dan ujung tulang kaki.

BACA JUGA:AYO GERCEP! Aplikasi DANA Bagi Diskon Transaksi Item Game Tanpa Persyaratan Transaksi Minimum

Gejala yang ditimbulkan adalah rasa ngilu di bagian-bagian tersebut dan paling sering terjadi pada malam hari. Terutama setelah beraktivitas seharian. Kanker ini juga bisa menimbulkan pembengkakan di area sekitar tulang di titik timbulnya sel kanker.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: