Dahulu Es Krim Tjanang Favorit Presiden Soekarno, Namun Kini Mulai Dilupakan

Dahulu Es Krim Tjanang Favorit Presiden Soekarno, Namun Kini Mulai Dilupakan

Kedai es krim Tjanang berlokasi di sekitar hotel Cikini -Akun Instagram @adissekaranti-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu es krim legendaris yang sering dipesan oleh Presiden No. 1 di Indonesia Ir Soekarno adalah Es Krim Tjanang

Dahulunya, Tjanang sangat disukai Presiden Soekarno hingga sering dipesan untuk dinikmati bersama keluarganya.

Saking terkenal es krim Tjanang ini, Bung Karno pernah menyuguhkan es krim Tjanang kepada peserta Games of the New Emerging Forces (Ganefo), olimpiade tandingan yang dicanangkan oleh Presiden Sukarno di Jakarta pada 1963.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Minuman Herbal Tradisional yang Populer di Indonesia

Es krim Tjanang sendiri merupakan es krim yang dibuat di Kedai es krim Tjanang di sekitar hotel Cikini atau tepatnya di Jl. Cikini Raya nomor 48-50, Jakarta Pusat. Melayani pembeli setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Kedai Didirikan oleh Lim Sim Fie Tahun 1951 

Siapa itu Lim Sim Fie? Lim Sim Fie merupakan seorang imigran dari Tiongkok, yang mendarat di Jakarta pada tahun 1940-an. Awalnya Lim Sim Fie hanya membantu kakaknya untuk menjaga toko kelontong.

Namun, dirinya yang sangat mencintai dunia kuliner, ia pun tertarik untuk mulai mencoba membuat es krim dengan berbagai macam bahan, mulai dari buah-buahan hingga jamu. 

BACA JUGA:Menyeruput Segelas Kopi Rarobang Khas Ambon yang Memiliki Banyak Khasiat

Setelah berbagai eskperimen yang dilakukannya, Lim Sim Fie berhasil menciptakan es krim yang disukai oleh warga Jakarta. Pada masa itu, hampir setiap hari kedai es krim Tjanang dipenuhi oleh warga Jakarta yang ingin menikmati camilan dingin buatan Lim Sim Fie itu. 

Kala itu, es krim Tjanang disajikan dalam mangkuk-mangkuk stainless steel berukuran kecil bersama segelas air putih.

Jika dibandingkan es krim zaman sekarang, tekstur Tjanang memang lebih kasar, namun lapisannya lebih ringan. 

Cita rasa es krim Tjanangpun tidak banyak gaya, cenderung sederhana bahka hampir mirip seperti sorbet. Meski begitu, Tjanang pernah menjadi salah satu es krim terenak di Jakarta.

Meskipun tekstur es krim Tjanang agak sedikit kasar namun ketika masuk kemulut akan lumer ditambah cita rasa yang tidak terlalu manis, membuatnya terasa ringan dan segar saat dinikmati. Pantas saja, tokoh proklamator Indonesia sampai berlangganan es krim legendaris ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: