Pisang Goreng Indonesia Hidangan Penutup Terbaik di Dunia, Berikut 5 Jenis Pisang Goreng Khas Indonesia

Pisang Goreng Indonesia Hidangan Penutup Terbaik di Dunia,  Berikut 5 Jenis Pisang Goreng Khas Indonesia

Pisang goreng adalah salah satu camilan favorit yang ada di Indonesia. -Pinterest -

Pisang goreng yang satu ini terkenal dengan tepung krispi atau kremesan yang membalut pisang dengan rasa manis. Tampilannya juga oke punya. Satu buah pisang diiris-iris kecil tanpa putus, kemudian dilebarkan hingga membentuk kipas. Makanya varian pisang goreng ini sering disebut sebagai pisang goreng kipas.

Meski pisang goreng Pontianak sudah tersedia di beberapa kota di Indonesia, tapi menikmati pisang goreng Pontianak langsung di tepi Sungai Kapuas tentu punya sensasi tersendiri. Tak heran kalo banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berburu pisang goreng ketika berlibur di kota yang dilintasi garis khatulistiwa ini.

Di Pontianak sendiri, pisang goreng ini sering disajikan dengan toping selai srikaya dan ditemani dengan segelas kopi atau kopi susu hangat. Sudah kebanyangkan nikmatnya bagaimana? 

BACA JUGA:Intip Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang, Mana Paling Populer ?

2. Sanggara Pepe (Sulawesi Selatan)

Pisang goreng yang satu ini cukup unik karena digoreng sebanyak dua kali. Setelah penggorengan pertama, pisang dipipihkan dengan cara ditumbuk atau digeprek. Kemudian, pisang setengah matang itu digoreng kembali.

Penyajiannya juga cukup unik karena dihidangkan bersama cocolan sambal. Camilan yang satu ini paling cocok dinikmati saat pisang baru selesai digoreng. Sensasi panas dan pedas di lidah bikin suasana kumpul tambah seru.

Varian pisang goreng yang satu ini merupakan camilan terkenal dari Suku Bugis, baik yang tinggal di Kalimantan maupun yang ada di Sulawesi Selatan.

BACA JUGA:Menelisik Keistimewaan Pali-pali, Makanan Kesultanan Ternate Yang Bernilai Tinggi

3. Pisang Goreng Goroho (Sulawesi)

Pisang goreng yang satu ini dibuat menggunakan pisang goroho yang banyak terdapat di daerah Sulawesi. Rasanya memang sedikit berbeda dari pisang yang umumnya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat pisang goreng. Alih-alih rasa manis, pisang goroho cenderung bercita rasa yang sedikit hambar.

Tapi, cita rasa ini justru sangat cocok dengan sambal ikan roa yang disajikan bersama pisang goreng goroho. Sambal ikan roa merupakan sambal yang terbuat dari campuran cabe dan ikan roa (Hemiramphus brasiliensis) yang diasapkan. Camilan yang satu ini bisa lo nikmati saat berkunjung ke destinasi Pariwisata Indonesia di Manado.

3. Pisang Goreng Mulut Bebek (Maluku Utara)

Nama yang mengandung unsur bebek bukan karena jenis unggas ini menjadi campuran dalam pisang goreng, loh. Nama unik tersebut diambil karena tampilan pisang goreng yang satu ini dianggap menyerupai paruh bebek, yaitu berbentuk panjang dan tipis.

BACA JUGA:Mencicipi Uta Kelo Hidangan Khas suku Kaili di Sulawesi Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: