Bagaimana Posisi Imam dan Makmum Saat Sholat Berdua, Berikut Penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Bagaimana Posisi Imam dan Makmum Saat Sholat Berdua, Berikut Penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Ustadz Syafiq Riza Basalamah jelaskan posisi makmum saat sholat berjamaah hanya berdua-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Bolehkah Sholat Tahajud hanya 2 Rakaat, Berikut Penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah

BACA JUGA:Agar Mudah Bangun Sholat Tahajud, Ustadz Syafiq Riza Basalamah Sarankan 8 Hal Ini

"Apakah sejajar atau makmumnya mundur sedikit," tambah Ustadz Syafiq Riza Basalamah.

Ustadz Syafiq Riza Basalamah menjelaskan bahwa dalam madzhab Syafii, aturannya adalah posisi imam berada di depan, sementara makmumnya mundur sedikit ketika shalat berdua.

"Kalau kita lihat dalam madzhab Syafii makmumnya mundur sedikit," ungkap Ustadz Syafiq Riza Basalamah.

Kemudian, Ustadz Syafiq Riza Basalamah membagikan pengalamannya saat melaksanakan sholat berjamaah di sebuah masjid di Jakarta

"Ana pernah kejadian sholat di Jakarta, sholat dzuhur, saya telat, masbuk, ana ketika itu sejajar," cerita Ustadz Syafiq Riza Basalamah.

"Setelah sholat ditegur sama imamnya, kok gimana sholat sejajar, makmum itu di belakang imam," terang Ustadz Syafiq Riza Basalamah.

Ustadz Syafiq Riza Basalamah menjawab pertanyaan tersebut dengan menjelaskan bahwa ada pula riwayat dari Abu Bakar dan Umar bin Khattab mengenai posisi sholat jika kondisinya hanya berdua.

"Lalu ana jelaskan, ini ada riwayat dari Abu Bakar dan Umar bin Khattab, ketika ditanya bagaimana posisi kalian, dikatakan sejajar posisinya," terang Ustadz Syafiq Riza Basalamah.

"Artinya memang ada madzhab yang mengatakan mundur, tapi ternyata ada riwayat dari sahabat yang sejajar, berarti mungkin ini yang lebih kuat," papar Ustadz Syafiq Riza Basalamah.

BACA JUGA:Lebih Utama Mana Sholat Tahajud atau Sholat Rawatib? Berikut Penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah

BACA JUGA:Agar Amalan Tak Habis Sia-sia, Ustadz Syafiq Riza Basalamah: Hentikan Kebiasaan Ini Mulai Sekarang

Terkait dengan hal ini, Ustadz Syafiq Riza Basalamah menyatakan bahwa tidak perlu terlalu keras membahas perbedaan pendapat, karena mungkin ada riwayat lain yang menjelaskan hal tersebut.

Itulah penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah tentang posisi imam dan makmum saat sholat berjamaah hanya berdua saja. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: