Shockbreaker Motor Rusak ? Ini Dia Tandanya

Shockbreaker Motor Rusak ? Ini Dia Tandanya

kinerja shockbreaker akan menurun atau rusak sehingga kenyamanan berkendara jadi berkurang-astra-honda.com-

Jika terdengar suara aneh seperti decit atau bletak yang mengganggu, bisa jadi kondisi suspensi sudah rusak. Suara decit biasanya muncul dari gesekan bushing atau bosh shockbreaker yang kering atau kotor.

Sedangkan suara bletak bisa jadi karena bottoming akibat Volume oli berkurang atau performa pegas menurun sehingga daya redamnya hilang. Hal ini bisa diakibatkan karena sepeda motor sering membawa beban berlebih.

BACA JUGA: Suzuki Gixxer 250, Motor Sport Keren dengan Fitur Canggih

4. Oli Bocor

Kebocoran oli shockbreaker terjadi akibat seal shockbreaker rusak, bisa karena seal sudah aus atau sobek karena gesekan kotoran. Suspensi yang sering dibiarkan dalam kondisi kotor bisa jadi penyebab seal sobek.

Selain membuat motor jadi terlihat kotor dan kumuh, kebocoran oli shockbreaker juga bisa mengurangi kestabilan saat berkendara. Ingat, shockbreaker yang rusak dapat mengurangi kinerja sepeda motor dan meningkatkan risiko kecelakaan. 

BACA JUGA:Honda CB350, Desain Retro yang Memikat dengan Harga Terjangkau

Itulah tanda atau ciri-ciri kerusakan pada Shockbreaker, pemeriksakan dan penggantian shockbreaker yang tepat waktu akan memastikan kenyamanan dan keamanan berkendara. 

Oleh karena itu, perlu untuk selalu merawat dan memilihara motor Anda agar mesin dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: