Pakai Umbi-umbian Berikut, Trik Alami Bikin Kulit Belang Jadi Merata

Pakai Umbi-umbian Berikut, Trik Alami Bikin Kulit Belang Jadi Merata

Tips mengatasi kulit belang-Foto: istimewa-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Warna pada kulit manusia pada dasarnya disusun oleh pigmen kulit yang disebut melanin. Secara umum, melanin diproduksi secara merata oleh kulit untuk memberikan tone warna. 

Akan tetapi, keseimbangan dari produksi melanin bisa terganggu oleh beberapa faktor. Akibat ketidakseimbangan ini, kulit kamu bisa menggelap sebagian. Hal inilah yang membuat kulit jadi tampak belang dan tidak rata.

Kondisi kulit belang bisa berdampak pada hilangnya kecerahan alami kulit, sehingga tampak kotor dan kusam. Masalah kulit belang ini seringkali dipicu akibat kulit sering terpapar sinar matahari dan polusi.

Gelombang ultraviolet yang dibawa dalam sinar matahari terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah UVB. Tidak hanya memberi efek terbakar, hal ini juga meningkatkan produksi melanin pada kulit.

BACA JUGA:Bersihkan Pori-pori Tersumbat Kembali Rapat, Pakai Racikan Menggunakan Bahan Minuman Ini

Untuk mengatasi kulit belang, kamu bisa membuat masker dari bahan-bahan alami di rumah. Masker ini dibuat dari bahan-bahan kaya vitamin C dan antioksidan untuk membuat kulit tampak lebih cerah merata. Bahan alami tersebut dengan menggunakan jenis umbi-umbian yaitu kentang yang dicampurkan dengan tepung beras dan yoghurt.

Kentang merupakan sejenis umbi-umbian yang kaya akan kandungan vitamin C, enzim papain, dan antioksidan seperti vitamin B dan kalium. 

Kandungan-kandungan di atas memiliki sifat pemutih alami yang bekerja secara efektif membantu mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit, melahirkan kulit yang lebih cerah dalam prosesnya. 

Selain itu, enzim papain di dalam kentang memiliki sifat anti-inflamasi dan eksfoliasi ringan yang bisa membantu proses regenerasi kulit menjadi lebih baik.

BACA JUGA: Punya Dua Anak Memiliki Korelasi Positif Bagi Kesehatan Orang Tua

Yoghurt merupakan produk hasil fermentasi susu yang dikenal kaya akan khasiat bermanfaat, terutama dari komponen asam laktat, probiotik, serta vitamin B. 

Asam laktat dan vitamin B memberikan manfaat besar dengan bertindak sebagai agen pencerah alami yang membantu mengurangi hiperpigmentasi dan merangsang pembentukan sel-sel kulit baru. 

Sementara itu, probiotik membantu memperkuat lapisan pelindung alami kulit sehingga kulit pun menjadi lebih sehat dan tidak gampang iritasi.

Tepung beras pada dasarnya telah lama digunakan dalam perawatan kecantikan karena sifat eksfoliasinya yang lembut dan kemampuannya untuk mencerahkan kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: