Kamu Harus Tahu! Apa Saja 8 Contoh Produk yang Menggunakan Nanoteknologi

Kamu Harus Tahu! Apa Saja 8 Contoh Produk yang Menggunakan Nanoteknologi

Apa Saja 8 Contoh Produk Yang Menggunakan Nanoteknologi -Pinterest : @graphicrive.net-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tanpa kita disadari dalam menjalankan segala aktivitas keseharian kita selalu bersentuhan dengan nanoteknologi. Nanoteknologi memang masih menjadi sesuatu yang asing untuk didengar padahal apa-apa saja kegiatan yang kita lakukan tak terlepas dari nanoteknologi.

Nah, untuk itu artikel ini akan memberikan ulasan tentang pengertian nanoteknologi dan apa saja contoh penggunaan. Yuk, kepoin sampai habis !

Nanoteknologi adalah ilmu pengetahuan dan teknologi tentang hal-hal yang sangat kecil, yang dilakukan pada skala nano. Skala nano adalah 1.000 kali lebih kecil dari tingkat mikroskopis dan satu miliar kali lebih kecil dari ukuran meter yang biasa kita gunakan untuk mengukur sesuatu.

BACA JUGA:Lelah Skip Iklan di Youtube, Intip 4 Trik Jitu Nonton YouTube Tanpa Iklan

Skala nano ini dapat digambarkan misalnya sehelai rambut manusia jika diukur lebarnya sekitar 100.000 nanometer. Kira-kira seperti itu jenis skala yang kita hadapi di tingkat nano. Sudahkah kamu mengerti, mari kita lanjutkan kembali!

Para ilmuwan menemukan bahwa atom dan molekul berperilaku berbeda pada skala nano. Kemudian, dilakukan rekayasa untuk menghasilkan benda-benda baru yang menjadi karakter khusus seperti yang diinginkan.

Jika disederhanakan kamu bisa membayangkan, nanoteknologi itu merupakan inovasi terhadap teknologi untuk merekayasa benda-benda baru dari benda-benda yang sudah ada.  Seiring perkembangannya, nanoteknologi makin umum dan masuk dalam kehidupan sehari-hari serta ada di banyak bidang.

BACA JUGA:Ini Dia Jenis-jenis Speaker yang Harus Kamu Tahu

Berbagai bahan berbasis nano menemukan tempatnya sebagai produk yang beredar di pasaran seperti kosmetik, komputer, cat, industri kesehatan, bahan bangunan, , industri makanan dan banyak lagi. 

Semakin penasarankan bagaimana sih contoh penggunaan dan penerapan nanoteknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Ada banyak sekali produk yang kita gunakan sehari-hari, yang sudah menggunakan nanoteknologi, berikut diantaranya:

1. Sunscreen

Bagi kamu para wanita tak mungkin tak mengenal sunscreen, tabir surya yang sering kalian gunakan ini merupakan salah satu contoh produk dari penggunaan nanoteknologi.

Nanopartikel ditambahkan ke tabir surya untuk membuatnya lebih efektif bekerja. Dua jenis nanopartikel tertentu yang biasa ditambahkan ke tabir surya adalah titanium dioksida dan seng oksida.

BACA JUGA:Pegang Rekor Laptop 16 Inci Teringan, LG Gram Pro 2 in 1 Bisa Diputar 360 Derajat

2. Pakaian
Ketika digunakan dalam tekstil, nanopartikel silika dapat membantu membuat kain yang menolak air dan cairan lainnya. Silika dapat ditambahkan ke kain baik dengan dimasukkan ke dalam tenunan kain atau disemprotkan ke permukaan kain untuk membuat lapisan tahan air atau tahan noda.
Jadi, jika kalian pernah memperhatikan bagaimana cairan membentuk manik-manik kecil pada pakaian tahan air, itu terjadi berkat nanoteknologi.  

3. Peralatan Rumah Tangga  
Kamu pasti tahu jika kebanyakan alat rumah tangga atau perabotan itu kebanyakan anti air. Nah, dengan cara yang sama, pakaian dapat dibuat tahan air dan tahan noda melalui nanoteknologi, demikian juga furnitur berlapis kain.

Nanoteknologi juga membantu membuat furnitur agar tidak mudah terbakar. Dengan melapisi busa yang digunakan pada furnitur berlapis kain dengan serat nano karbon, produsen dapat mengurangi sifat mudah terbakar hingga 35%.   

BACA JUGA:OASE Rider, Helm Gahar Dengan Teknologi IoT

4. Lem
Nanoteknologi juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan perekat. Menariknya, sebagian besar lem kehilangan kelengketannya pada suhu tinggi, tetapi “lem nano” yang kuat tidak hanya tahan terhadap suhu tinggi, tetapi juga menjadi lebih kuat ketika suhu di sekitarnya meningkat.  

5. Komputer  
Tanpa nanoteknologi, kita tidak akan memiliki banyak barang elektronik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Intel misalnya. Tidak diragukan lagi bahwa perusahaan ini pemimpin dalam prosesor komputer kecil. Nah, generasi terbaru dari teknologi prosesor Intel Core adalah chip 10-nanometer.

6. Mebel

Pelapis, pernis, pelapis serta bahan komposit dan plastik yang menghiasi rumah terkadang menampilkan sentuhan nanoteknologi. Ketika diterapkan pada kayu, nano-perak, tembaga dan seng telah diketahui melindungi furnitur dari hama dan jamur dengan memproduksi biosida secara alami, menurut sebuah makalah yang diterbitkan dalam International Journal of Scientific Research and Innovative Technology.

BACA JUGA:Tinggalkan Sikat Gigi Manual, Beralih ke Sikat Gigi Elektrik Philip Sonicare

7. Alat Olahraga
Nanoteknologi ikut serta dalam permainan ini dengan tabung nano karbon, partikel nano silika, tanah liat nano, dan fullerene yang meningkatkan kinerja atlet dan peralatan mereka . Nanomaterial dapat meningkatkan kekuatan, kekakuan dan daya tahan peralatan sekaligus mengurangi berat, gesekan atau ketahanan aus pada seragam.
Maka dari itu tongkat golf dan sepeda balap lebih ringan. Itu sebabnya perenang dan skater meluncur lebih cepat.

8. Makanan
Contoh penggunaan nanoteknologi yakni ada pada pembuatan mayones yang lembut dan lembap dimungkinkan berkat nano-emulsi, dimana tetesan minyak dan lemak memenuhi air dan menciptakan kantong. Para pengembang percaya bahwa mereka dapat menurunkan persentase lemak bumbu lebih banyak lagi dengan menyuntikkan molekul lemak dengan air.

Demikian informasi mengenai apa saja contoh produk dari penggunaan nanoteknologi yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: