Mengenal Sejarah dan Daya Tarik Monumen Pers Nasional di Kota Solo

Mengenal Sejarah dan Daya Tarik Monumen Pers Nasional di Kota Solo

Mengenal Sejarah dan Daya Tarik Monumen Nasional di Kota Solo-Akun Insatagram @wonderfullsoloraya-

Kemudian lahan serta bangunan gedung Monumen Pers Nasional disumbangkan kepada pemerintah pada tahun 1977. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Tengah nomor HK.128/1977 tertanggal 31 Desember 1977 atas tanah dan gedung "Societeit" tersebut diserahkan kepada Panitia Pembangunan Monumen Pers Nasional di bawah Departemen Penerangan RI.


Mengenal Sejarah dan Daya Tarik Monumen Nasional di Kota Solo-Akun Insatagram @rahelagustian -
Mengenal Sejarah dan Daya Tarik Monumen Nasional di Kota Solo-Akun Insatagram @rahelagustian -

Monumen Pers Nasional kemudian diresmikan oleh Presiden Soeharto dan dibuka umum pada tanggal 9 Februari 1978. Monumen Pers Nasional dengan penandatanganan prasasti. Sejak 2005 hingga kini, monumen Pers Nasional dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 

BACA JUGA:Menikmati Keindahan Kebun Teh Bedakah Wonosobo dengan Latar Pengunungan yang Indah

Daya Tarik Monumen Pers Nasional 

Keunikan gedung Monumen Pers karya Aboekasan Atmodirono ini terlihat dari gaya arsitekturnya yang memadukan kekhasan Hindu-Budha dengan kolonial pada masa tersebut. Ciri khas Hindu-Budha tampak dari beberapa ornamen yang menyerupai stupa di bagian atap, wajah bangunan bertingkat yang menyerupai candi, serta dinding gedung yang terbuat dari batu andesit. Sedangkan, ciri kolonial terlihat dari adanya pilar besar serta jendela dan pintu yang lebar. 

Perpustakaan Pers Nasional memiliki koleksi buku kurang lebih 15.000 judul yang dapat diakses dan dipinjam secara cuma-cuma. Keanggotaan perpustakaan ini terbuka untuk seluruh kalangan. Salah satu keunikan layanan yang dimiliki Monumen Pers Nasional yang menyediakan arsip media cetak berupa koran dan majalah dari seluruh nusantara yang berasal dari tahun sebelum kemerdekaan hingga sekarang dan terbuka untuk diakses oleh masyarakat.

BACA JUGA:Menikmati Keindahan Kebun Teh Bedakah Wonosobo dengan Latar Pengunungan yang Indah

Selain itu, pengunjung dapat menyelami pengetahuan serta dokumentasi tentang sejarah pers nasional melalui koleksi benda pers bersejarah yang berasal dari sabang hingga merauke serta napak tilas para pahlawan dari bidang pers dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Tak sampai di situ Monumen Pers Nasional juga menyimpan berbagai koleksi bersejarah terkait perkembangan pers nasional di Indonesia. Koleksi di Monumen Pers Nasional ini meliputi mesin ketik kuno, perangkat radio, surat kabar dan majalah nasional, perangkat multimedia kuno, informasi tokoh pers bersejarah, dan bangunan cagar budaya.

Demikian informasi mengenai Monumen Pers Nasional Indonesia, Destinasi wisata yang satu ini bisa kamu jadikan pilihan untuk lebih mengenal destinasi wisata sejarah pers yang ada di Kota Solo

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: