Suban Air Panas, Destinasi Wisata Pemandian Air Panas dengan Kisah Mistis di Rejang Lebong

Suban Air Panas, Destinasi Wisata Pemandian Air Panas dengan Kisah Mistis di Rejang Lebong

Kolam renang Suban Air Panas, Curup-Akun Instagram @tiara_mayangs-

Sebenarnya destinasi wisata ini sudah yang mulai dibuka untuk umum sejak tahun 1967, sudah cukup lama ya, ternyata! 

Salah satu daya tarik Suban Air Panas ialah terdapat air terjun yang indah dengan ketinggian + 90 m dengan air yang jernih dan dingin. Selain itu terdapat 2 batu peningalan Suku Rejang yaitu Batu Megalitikum yang berada di lokasi berbeda. 

Batu pertama terdapat dibagian bawah. Batu megalitikum di lokasi pertama ini juga sering disebut dengan “Tri Sakti”. Seratus meter dari lokasi pertama, terdapat pula  lagi batu megalitikum lainnya yang dikenal dengan nama “batu menangis” atau “PutriSelangkah”. 


Kolam renang Suban Air Panas, Curup-Akun Instagram @tiara_mayangs-

Dikisahkan, Batu Tri Sakti menceritakan tentang tiga orang hebat yakni Sebei Teret, Sebei Tikis dan sebei Bitan yang hinga kini dipercayai dapat memberikan pertolongan kepada pengunjung. Bahkan hingga saat ini, masih ada beberapa warga yang meminta pertolongan dengan membawa beberapa sesajian ke tempat keramat itu.

BACA JUGA:Mau Berwisata ke Pulau Tikus Bengkulu? Segini Biaya Sewa Kapal dan Jarak Tempuhnya

Sedangkan Batu Menangis atau sekarang disebut “Putri Selangkah”, merupakan legenda mengenai tempat merenung dan menangis sang putriyang bernama Gemercik Emas yang tidak mau dijodohkan dengan Putra Gambir Melang yang merupakan putra Suku Rejang. Kenapa bisa disebut Putri Selangkah, makin buat kamu penasaran pastinya. Yuk, sini kita bahas !

Disebut Putri Selangkah, karena dahulu setiap putri ingin  pergi ke arah empat penjuru mata angin baru selangkah putri itu berjalan, kemudian langsung menghilang dan telah sampai di tempat tujuan. Dulu batu itu memang sering mengeluarkan air. 

Sebagian warga mempercayai, batu itu merupakan air mata Putri Selangkah. Hanya saja, saat ini batu itu sudah jarang mengeluarkan air.


Aktivitas berenang yang dapat dilakukan saat berkunjung ke Suban Air Panas -Akun Instagram @verisnovel96-

Nah, untuk kamu yang lagi single ingin cepat mendapatkan jodoh. Konon Air Putri Selangkah ini juga diyakini bisa melancarkan urusan jodoh dengan cara kamu harus  mengusapkan air dari batu itu ke alis mata.

Bicara mengenai fasilitas, Suban Air Panas tentunya menyediakan fasilitas yang sangat lengkap dan tidak perlu diragukan lagi. Hanya saja jika kamu ingin menggunakan toilet atau kamar mandi kamu harus antri karena pengunjung selalu ramai sehingga membuat membuat kamar mandi selalu penuh.

BACA JUGA:Lentera Merah Jadi Wisata Baru di Kota Bengkulu

Jika kamu ingin berkunjung ke Suban Air Panas, rute yang kamu lalui tidaklah sulit karena letaknya hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari jalan raya. 

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Panorama alam yang indah dan udara yang sejuk di sepanjang perjalanan menuju lokasi membuat perjalanan liburan anda menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: