Bahaya Merokok! Orang Tua Berulah, Anak kena Getahnya

Bahaya Merokok! Orang Tua Berulah, Anak kena Getahnya

Asap rokok tidak hanya berbahaya bagi anak-anak saja, tetapi juga janin di dalam kandungan ibu seorang perokok--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Banyak yang berpikir, rokok hanya akan membahayakan mereka yang merokok saja. Padahal, asap rokok berbahaya bagi semua orang. Bahkan, memiliki orang tua perokok aktif maupun pasif juga bisa berdampak buruk bagi bayi yang belum lahir dan anak.

Paparan asap rokok bagi anak sangat berbahaya, sebab sistem imun anak dan bayi masih belum sempurna. Selain berbahaya untuk kesehatan anak, asap rokok juga dapat mengganggu tumbuh kembang mereka. Bila sering terpapar asap rokok, anak bisa mengalami beragam gangguan kesehatan. Yuk, simak penjelasannya dibawah ini!

BACA JUGA:Ingin Tulang dan Otak Kuat, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Herbalnya

Bahaya Asap Rokok Bagi Anak

Orang tua yang menjadi perokok aktif sering kali tidak menyadari bahwa asap dari rokok dapat dengan mudahnya terhirup oleh orang sekitar, termasuk anak-anak. Padahal, paparan asap rokok pada anak dapat sangat membahayakan kesehatannya.Beberapa bahaya yang dapat dialami anak dari menghirup asap rokok, di antaranya:

Menyebabkan anak lebih mudah sakit
Meningkatkan risiko infeksi paru-paru, seperti pneumonia, asma
Membuat anak sering batuk pilek
Mengganggu tumbuh kembang anak

BACA JUGA:Ingin Suara Burung Murai Batu Makin Topcer, Berikan 2 Tanaman Herbal Ini

Asap rokok tidak hanya berbahaya bagi anak-anak saja, tetapi juga janin di dalam kandungan ibu seorang perokok. Berikut ini adalah risiko bahaya yang dapat dialami janin jika ibu hamil merokok:
Pertumbuhan janin terhambat
Bayi lahir prematur
Ibu rentan terkena penyakit
Gangguan plasenta

BACA JUGA:Bahaya Main Kembang Api di Rumah Padat Penduduk dan Kabel Listrik, Ini Kata Dinas Damkar

Tidak ada batas aman untuk merokok, baik bagi ibu hamil maupun orang dewasa lainnya. Anak-anak dan bayi dalam kandungan dapat mengalami gangguan kesehatan serius, jika Anda mengabaikan bahaya yang ditimbulkan dari asap rokok ini. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: