Bahaya Main Kembang Api di Rumah Padat Penduduk dan Kabel Listrik, Ini Kata Dinas Damkar

Bahaya Main Kembang Api di Rumah Padat Penduduk dan Kabel Listrik, Ini Kata Dinas Damkar

Ilustrasi kembang api dan petasan yang dijual bebas -Foto: istimewa-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sudah menjadi tradisi dan kebiasaan, biasanya di malam perayaan pergantian tahun masyarakat melakukan kegiatan bakar-bakar dan menyalakan kembang api atau petasan

Namun fakta nyatanya, kegiatan ini juga rentan mengakibatkan kebakaran.

Oleh karena itu, Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu Yuliansyah mengimbau masyarakat agar tidak menyalakan kembang api di kawasan yang padat penduduk dan yang ada banyak kabel listrik.

“Malam tahun baru identik dengan kegiatan masyarakat bakar-bakar, entah itu bakar jagung, ikan, sate, dan lainnya. Nah kita imbau tetap hati-hati. Kalau sudah selesai bakar-bakarnya segera dipadamkan. Kalau mau nyalakan kembang api agar mengarahkan ke tempat tertentu seperti di lapangan tanah terbuka, jangan di pemukiman yang banyak kabel listrik dan rumah penduduk. Lebih baik lagi kalau mau aman, tidak usah menyalakan kembang api,” kata Yuliansyah.

BACA JUGA:Kota Bengkulu Terima Kucuran Dana dari Kemenkeu, Segini Nilainya

Terkait persiapan pengamanan natal dan tahun baru, lanjutnya damkar Kota Bengkulu akan bergabung juga dengan pihak kepolisian, TNI, BPBD, satpol PP, dinas kesehatan dan instansi terkait lainnya. 

“Hari ini saya ikut rapat di Polda persiapan untuk pengamanan natal dan tahun baru. Sama seperti tahun sebelumnya biasanya kami ikut patroli di malam tahun baru,” jelas Yuliansyah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: