Arem-arem, Makanan Praktis, Lezat dan Mengenyangkan Khas Kebumen

Arem-arem, Makanan Praktis, Lezat dan Mengenyangkan Khas Kebumen

Arem- arem kuliner khas Kebumen, Jawa Tengah -Akun Insatagram @susie.agung-

BENGKULUEKSPRESS.COM -Jika Kamu bertandang ke Jawa Tengah jangan lewatkan daerah Kebumen, karena daerah ini terkenal dengan berbagai kulinernya yang nikmat dan lezat salah satunya adalah Arem-arem.

Arem-arem sangat disukai masyarakat di Pulau Jawa bahkan saat ini sudah mulai populer di Indonesia.

Arem-arem adalah makanan tradisional khas Indonesia yang sering dijumpai di antara jajanan pasar pagi.

Arem-arem menjadi salah satu jajanan tradisional yang praktis, lezat, dan mengenyangkan, sehingga disukai banyak orang. Tidak heran jika arem-arem selalu laris manis terjual di pasar.

Arem-arem sering sekali disamakan dengan lemper padahal mereka berbeda jenis, baik lemper maupun arem-arem sama-sama berasal dari daerah Jawa. Arem-Arem merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Kebumen, Jawa Tengah sedangkan lember berasal dari Yogyakarta. 

BACA JUGA:Mengenal Keripik Pisang Lampung dengan Berbagai Pilihan Rasa

Pemberian nama arem-arem berasal dari kata dalam bahasa Jawa yaitu "marem" yang berarti puas dan bahagia. Penamaan tersebut merujuk kepada manfaat dari Arem-arem sendiri yang dapat membuat kita puas dan kenyang saat memakannya.

Sebagian besar orang menganggap Arem-arem adalah kue atau camilan tradisional. Sebenarnya dahulu Arem-arem disajikan sebagai hidangan praktis untuk sarapan sebelum berangkat kerja. Arem-arem bisa dibilang versi lain dari penyajian nasi dan lauk dalam ukuran kecil yang dihidangkan untuk sarapan.

Selain disajikan sebagai menu untuk sarapan pagi, Arem-arem juga sering dijadikan sebagai bekal oleh  para petani. Arem-arem sangat praktis dibawa kemana-mana, sehingga banyak petani yang menjadikan arem-arem sebagai bekal dikala lapar saat bekerja di sawah namun belum bisa pulang untuk makan siang di rumah.

Seringkali masih banyak orang yang keliru dengan Arem-arem dan Lemper karena keduanya tampak sama seperti kembaran. Namun, Lemper dan Arem-arem tidak sama, dari segi bahan baku pembuatannya saja sudah berbeda. Arem-arem terbuat dari bahan utama beras putih, sementara lemper terbuat dari beras ketan.

BACA JUGA:Mencicipi Mie Koclok Khas Cirebon yang Legendaris Sejak Tahun 1975

Perbedaan bahan yang digunakan tentu saja membuat cita rasa keduanya berbeda, kalau dari segi tampilan tampak arem-arem memiliki ukuran yang lebih besar daripada lemper.

Dahulu arem-arem hanya sajian sederhana saja yaitu nasi yang diisi dengan sambal goreng seperti sambal tempe, tahu, sayuran dan hati ayam. Selain itu, Arem-arem hanya hidangan sederhana untuk sarapan saja. Kini Arem-arem dibuat dengan berbagai varian isian yang lezat dan sering disajikan di berbagai acara besar sebagai camilan.

Dahulu Arem-arem hanya hidangan nasi yang berisi sambal goreng sehingga sangat cocok dipadukan dengan aneka gorengan. Jika kamu berkunjung ke daerah asalnya di Kebumen, arem-arem biasanya dijual bersama beraneka macam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: