Perlu Diketahui, Hindari 2 Hal ini, Karena Bisa Membuat Sholat Tahajud Tak Sah

Perlu Diketahui, Hindari 2 Hal ini, Karena Bisa Membuat Sholat Tahajud Tak Sah

Hal-hal yang bisa membuat tahajud tak sah-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Memang benar jika anggapan bahwa melaksanakan sholat tahajud sudah sah jika seseorang sudah tidur dan waktu Isya sudah masuk merupakan pandangan yang keliru dan tidak sepenuhnya tepat.

Penjelasan yang tepat tentang sholat tahajud adalah bahwa sholat ini dilakukan di malam hari setelah seseorang telah tidur dan setelah melaksanakan sholat Isya', bukan setelah masuknya waktu Isya'.

Syekh Zakariyah al-Anshari dalam Al-Ghurarul Bahiyyah menjelaskan bahwa syarat-syarat dari sholat tahajud adalah dilaksanakan setelah seseorang tidur dan telah menunaikan sholat Isya'.

Sulaiman Al-Bujairami dalam hasyiyahnya menjelaskan bahwa meskipun demikian, sholat tahajud tetap dilakukan setelah seseorang menunaikan sholat Isya'.

Syekh Ali Jum'ah menyatakan bahwa ulama dari mazhab Hanbali dan Syafi'i berpendapat bahwa qiyamul lail dan witir terkait dengan sholat Isya', bukan dengan masuknya waktu Isya'.

Dengan demikian, bagi seseorang yang telah menunaikan sholat Isya' walaupun dalam kondisi jamak taqdim (menjama' antara sholat Isya' dan Maghrib), maka sah baginya untuk melaksanakan sholat witir dan qiyamul lail setelah itu.

Pemahaman yang tepat adalah bahwa yang menjadi penentu sahnya sholat tahajud bukanlah waktu Isya', melainkan pelaksanaan sholat Isya' itu sendiri.

Dengan demikian, jika seseorang telah menunaikan sholat Isya', meskipun dilakukan dalam jamak taqdim bersama sholat Maghrib, maka seseorang dianggap telah memenuhi syarat sahnya untuk melaksanakan sholat tahajud.

BACA JUGA:Agar Sholat Tahajud Semakin Sempurna, Amalkan Ini Setelahnya

BACA JUGA:Amalkan Ini Setelah Sholat Tahajud, Syekh Ali Jaber: Lebih Dahsyat dari Membaca Al Qur'an

Imam Ibnu Hajar Al-Haitsami dalam Tuhfat al-Muhtaj menjelaskan bahwa secara istilah, tahajud merujuk pada sholat yang dilakukan setelah sholat Isya', bahkan jika pelaksanaan sholat Isya' dilakukan dalam kondisi jamak taqdim bersama sholat Maghrib, dan walaupun seseorang sudah tidur sebelum masuknya waktu Isya'.

sebaiknya untuk memenuhi syarat sahnya sholat tahajud adalah dengan menunaikan sholat Isya' terlebih dahulu.

Jika seseorang belum melaksanakan sholat Isya', maka meskipun dia melakukan sholat di tengah malam.

Jika seseorang bangun di tengah malam dan berniat untuk melakukan sholat tahajud, namun belum melaksanakan sholat Isya', yang sebaiknya dilakukan adalah menunaikan sholat Isya' terlebih dahulu sebelum melaksanakan sholat tahajud. 

Itulah penjelasan terkait dengan 2 hal yang bisa membuat sholat tahajud batal. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: