Perlu Diketahui, Hindari 2 Hal ini, Karena Bisa Membuat Sholat Tahajud Tak Sah

Perlu Diketahui, Hindari 2 Hal ini, Karena Bisa Membuat Sholat Tahajud Tak Sah

Hal-hal yang bisa membuat tahajud tak sah-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Meskipun sholat Tahajud dilakukan pada waktu malam, namun tidak semua sholat malam dapat disebut sebagai sholat Tahajud.

Ada dua kesalahan yang dapat membuat sholat Tahajud menjadi tidak sah.

Dua kesalahan yang bisa membuat sholat tahajud menjadi tidak sah tersebut disampaikan dalam suatu video yang diunggah oleh kanal Youtube NS BOR CHANNEL.

BACA JUGA:Agar Semua Hajat Terkabul, Selain Sholat Tahajud, Ustadz Adi Hidayat: Amalkan Ini Minimal Sebulan

BACA JUGA:Mengatur Waktu Tidur Ala Rasulullah, Agar Bisa Bangun Sholat Tahajud

Dua kesahalan yang dapat menjadikan sholat tahajud tidak sah tersebut adalah:

1. Sholat Tahajud Sebelum Tidur

Beberapa dari kita rajin melaksanakan sholat sunnah di malam hari, bahkan ada yang melakukannya mulai dari awal Isya hingga hampir Subuh.

Beberapa orang mungkin mengira bahwa amalan tersebut merupakan bagian dari sholat Tahajud.

Namun, sebenarnya, jika seseorang melaksanakan sholat malam tersebut sebelum tidur, belum tentu itu bisa disebut sebagai sholat Tahajud.

Tetapi hanya Qiamulail, Hajjaj bin Amr radhiyallahu 'anhu pernah menyoroti kesalahan dalam pandangan ini. Dimana ia berkata:

"salah seorang dari kalian menyangka kalau ia bangun sholat malam hingga subuh, maka ia telah bertahajud. Padahal sesungguhnya tahajud itu adalah mengerjakan sholat setelah tidur. Lalu sholat sesudah tidur, lalu sholat lagi setelah tidur, itulah sholat yang dilakukan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam." 

Syarat utama untuk melakukan sholat tahajud adalah telah tidur terlebih dahulu. Jika seseorang belum tidur atau belum tidur sama sekali, maka sholat tahajud belum dapat dilakukan dan tidak dianggap sah.

Menurut penjelasan Sulaiman Al Jamal dalam hasyiyahnya, ia menyatakan bahwa sholat tahajud hanya dapat dilakukan setelah seseorang tidur terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: