Ini Asal Nama Sate Madura, Ternyata Bukan Karena Makanan Khas Madura

Ini Asal Nama Sate Madura,  Ternyata Bukan Karena Makanan Khas Madura

Sate Madura-Sumber : Akun Instagram @satemungaran.ina-

BENGKULUEKSPRESS.COM - siapa yang tidak kenal dengan kuliner yang satu ini, sate.  Bercita rasa manis dan gurih serta nikmat membuat kuliner ini menjadi salah satu kudapan favorit pilihan kamu pecinta kuliner.

Kamu penggemar kuliner sate? Kudapan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil ini menjadi favorit banyak orang di Indonesia.

Umumnya, sate terbuat dari daging ayam atau sapi. Tusukan-tusukan daging itu lantas dipanggang menggunakan bara arang.

Saat matang, sate biasanya disiram dengan saus kacang dan kecap yang telah diberi bumbu. Daging sate yang empuk akan berpadu dengan gurihnya bumbu sate, menjadikan kudapan ini lezat di setiap gigitan.

BACA JUGA:Lezatnya Rendang Minangkabau yang Mendunia, Ini Sejarah dan Filosofinya

Ada banyak kuliner sate di Indonesia. Mulai dari Sate Madura, Sate Padang, Sate Maranggi, Sate Ponorogo, dan lain-lain. Tiap sate dari berbagai daerah memiliki ciri khas masing-masing.

Ternyata banyak jenis yang ada di Indonesia namun bagaimana dengan Sate Madura? Yuk kita bahas mengenai kuliner yang satu ini.

Dikutip dari buku Makanan Tradisional IndonesiaSeri 1 karya Eni Harmayani dkk, penyebutan Sate Madura bukan karena sate ini diciptakan di Madura. Melainkan karena identitas penjualnya yang merupakan orang Madura.

Sate Madura sendiri adalah sate ayam. Namun, Sate Madura memiliki perbedaan dari sate ayam lainnya, baik dari segi pengolahan bahan maupun bumbu dalam sausnya.

Sate Madura terbuat dari potongan daging ayam mentah, lalu dibakar hanya dengan kecap saja. Lantas diberi saus kacang yang disiram di atas sate yang sudah matang.

Sebagai pelengkapnya, bisa ditambahkan irisan bawang merah mentah atau goreng, cabai rawit, dan potongan tomat sesuai selera.

BACA JUGA:11 Makanan Khas Wisata Kuliner di Bangka Belitung yang Wajib Kamu Coba

Sementara itu, dalam buku Profil struktur, bumbu, dan bahan dalam kuliner Indonesia karangan Murdijati Gardjito dkk dijelaskan bahwa Sate Madura biasanya disajikan dengan irisan lotong.

Selain itu, saus yang digunakan pada Sate Madura tidak selalu saus kacang. Terkadang, mereka menggantinya dengan saus kemiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: