11 Makanan Khas Wisata Kuliner di Bangka Belitung yang Wajib Kamu Coba

11 Makanan Khas Wisata Kuliner di Bangka Belitung yang Wajib Kamu Coba

Cumi isi ketan saos tiram. -Sumber : Akun Instagram @dapurummisoraya-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tak lengkap rasanya jika liburan ke suatu wilayah kamu hanya untuk menikmati keindahan dan panorama alamnya saja mencicipi makanan yang ada di sekitar destinasi wisata tersebut. Banyak sekali jenis destinasi wisata yang bisa kita nikmati salah satunya adalah wisata kuliner.

Jika kamu berkunjung ke Provinsi Bangka Belitung, sebaiknya kamu tidak melewatkan wisata kuliner yang ada di sana. Tentunya banyak sekali makanan khas yang patut Anda coba  di pulau Bangka Belitung. Makanan khas kepulauan Bangka Belitung ternyata sangat diminati. Sejumlah wisatawan datang ke pulau timah ini untuk mencicipi cita rasa masakan masyarakat lokal yang menggugah selera.

Bagi kamu yang penasaran makanan khas apa saja yang bisa kamu nikmati di Bangka Belitung, yuk simak ulasan berikut ini. 

1. Lempah Kuning


Lempah kuning khas bangka. -Sumber Akun Instagram @lempahkuning_kampakserasi-

Lempah Kuning sebenanya tak ubahnya gangan atau sup ikan berkuah kuning. Bahan utamanya juga ikan. Begitu juga bumbunya sebagian besar sama. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan rempah tambahan dan cara mengolah atau memasaknya. Lempah kuning berasal dari Pulau Bangka.

2. Lempah Darat

Jika kamu sudah merasa cukup makan ikan dan seafood, anda bisa mencicipi kuliner satu ini. Namanya lempah darat. Lempah atau menu sayuran itu tentu saja menggunakan bahan utama sayuran. Uniknya lagi, digunakan beraneka sayuran yang dimasak menjadi satu, seperti kacang panjang, terung dan pucuk daun talas.

3. Mie Belitung


Mie Belitung. -Sumber : Akun Instagram @mariskatracy-

Asal muasal Mie Belitung, tercipta dari akulturasi antara imigran Tionghoa dan juga warga asli Bangka Belitung yang bercampur dalam satu mangkok. Perlu diketahui, mie ini diolah dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan yang menonjol adalah merica.

4. Asem Pedas


Asem pedas ikan tengiri khas bangka-. Sumber : Akun Instagram @eddriantjhia-

Di Indonesia sendiri makanan asam pedas merupakan hal makanan yang sering dimasak sebagai hidangan pendamping nasi. Namun ternyata Asem pedas adalah masakan khas Bangka yang menggunakan ikan atau tulang rusuk sapi sebagai bahan baku utamanya. Ciri khas dari masakan yang satu ini adalah rasa pedas dan gurihnya. Tidak hanya disajikan di rumah-rumah, asem pedas juga kerap menjadi menu utama acara-acara penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: