Biar Tahu, Inilah Sejarah dan Asal Usul Arisan di Indonesia!

Biar Tahu, Inilah Sejarah dan Asal Usul Arisan di Indonesia!

arisan adalah praktik budaya yang berasal dari Indonesia dan lebih dikenal dan dipraktikkan di masyarakat Indonesia.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Anda mungkin sudah cukup familiar dengan istilah arisan dan asal usul arisan emas. Ternyata, arisan yang selama ini kita lakukan ada sejarahnya. arisan adalah istilah yang sangat dikenal di masyarakat Indonesia, namun tidak banyak yang mengetahui asal-usulnya. Istilah “arisan” mulai muncul di Indonesia akibat akulturasi budaya, terutama dengan para pedagang Tionghoa yang melakukan transaksi perdagangan di Indonesia.

Konsep arisan, yang berasal dari Tiongkok, mengalami perkembangan sesuai dengan budaya Indonesia, yaitu menekankan prinsip gotong royong dan kekeluargaan. simak mulai dari apa itu arisan hingga kenapa harus investasi arisan emas Pegadaian, baca artikel berikut ini!

BACA JUGA:Kiprah Deretan Samurai Wanita dalam Sejarah Kekaisaran Jepang

Asal-usul dan Evolusi Arisan di Indonesia

Asal-usul arisan dan individu atau kelompok etnis yang mempopulerkannya tidak terdokumentasi dengan baik. Tidak ada kelompok etnis atau pulau tertentu yang mengklaim kepemilikan atas arisan. Namun, tidak dapat menyangkal bahwa konsep arisan, sebagai sistem ekonomi, telah terkenal di kalangan komunitas Tionghoa selama lebih dari seribu tahun. Konsep arisan secara umum ada dalam masyarakat Tionghoa. Dengan terjadinya perdagangan internasional dan kedatangan pedagang Tionghoa ke Indonesia, terjadi akulturasi budaya yang mengarah pada perkembangan arisan sesuai dengan budaya Indonesia.
Konsep dan Fungsi Arisan

BACA JUGA:Kenapa Mimpi Bisa Terjadi, Ini Dia Alasannya

Di masyarakat Indonesia, arisan beroperasi di luar ekonomi formal sebagai alternatif sistem penyimpanan uang. Namun, arisan juga dimaksudkan sebagai pertemuan sosial, meskipun partisipasinya terkadang terasa wajib karena kewajiban membayar dan hadir setiap kali undian dilakukan. definisi arisan sebagai kelompok orang yang secara teratur mengumpulkan uang dalam interval tertentu. Setelah uang terkumpul, salah satu anggota kelompok terpilih melalui undian atau kesepakatan untuk menerima dana yang terkumpul. Inti dari arisan adalah memupuk interaksi sosial dan rasa kebersamaan, karena melibatkan interaksi dengan tetangga dan mengembangkan kepekaan sosial.


Pengertian dari Arisan

Secara harfiah, menurut kamus bahasa Indonesia, asal usul arisan merujuk pada kegiatan mengumpulkan uang atau barang dengan nilai yang sama dari beberapa individu, yang kemudian cara pembagian antara mereka melalui undian berkala. Arisan berlangsung hingga semua anggota menerima bagian mereka. Arisan dapat melibatkan sekelompok orang yang berkumpul di lokasi sesuai kesepakatan sebelumnya, mengumpulkan sejumlah uang atau barang tertentu, dan melakukan undian berkala sesuai dengan kesepakatan aturan kelompok tersebut. Peserta arisan bisa terdiri dari anggota keluarga, rekan kerja, teman lama, tetangga, dan lainnya. Undian dapat melibatkan berbagai jenis hadiah, biasanya berupa uang, namun juga bisa berupa barang.

BACA JUGA:Suka Mengigau Saat Tidur? Bisa Jadi Tanda Penyakit Demensia

Ragam dan Partisipasi dalam Arisan

Kemungkinan besar, arisan berasal dari dan merupakan budaya yang khas bagi Indonesia. Mungkin kurang terkenal di negara lain, dan tidak ada istilah yang setara dalam bahasa Inggris atau Arab. Dari segi agama, tidak ada penjelasan rinci tentang asal usul arisan dalam kitab suci Islam, seperti Al-Quran atau hadis. Oleh karena itu, kebolehan mengadakan arisan dalam ranah muamalah, yang pada dasarnya mubah (boleh) kecuali terdapat bukti yang melarang, menyarankan agar menghindarinya, atau mewajibkan melakukannya.

Pada dasarnya, arisan adalah sarana untuk memupuk interaksi sosial dan saling mendukung, yang sejalan dengan konsep silaturahmi sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW. Beberapa orang menganggap mengikuti arisan sama dengan menabung, terutama bagi mereka yang kesulitan menyisihkan uang. Namun, para ahli keuangan mungkin tidak setuju, karena arisan tidak memberikan keuntungan seperti menabung di bank. Dana yang terkumpul dalam arisan tidak bertambah nilainya seiring berjalannya waktu.

BACA JUGA:inilah 7 Makna Tafsir Mimpi Bertemu Mantan Pacar Menurut Primbon

Sebagai kesimpulan, arisan adalah praktik budaya yang berasal dari Indonesia dan lebih dikenal dan dipraktikkan di masyarakat Indonesia. Ini berfungsi sebagai sarana interaksi sosial dan saling mendukung di antara para pesertanya. Asal-usul historis, pemopuler, dan kelompok etnis tertentu yang terkait dengan arisan tidak terdokumentasi dengan baik. Namun, arisan telah menjadi bagian integral dari budaya Indonesia, dengan menekankan nilai-nilai seperti kerjasama saling membantu dan hubungan sosial.

Jenis Dan Model Arisan

Arisan Uang
Jenis arisan ini adalah salah satu yang paling umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Asal usul arisan ini bahkan telah menjadi tradisi tersendiri. Metode atau sistem yang terpakai dalam arisan ini juga sangat sederhana. Para peserta cukup menyetorkan sejumlah uang pada periode yang telah disepakati sebelumnya. Kemudian, uang tersebut akan dibayarkan kepada satu orang peserta dalam setiap periode giliran. Proses ini berlangsung terus menerus hingga undian terakhir selesai.

BACA JUGA:Jangan Gunakan Pakaian Ini Saat Tahajud, Ustadz Adi Hidayat: Doa Akan Sulit Dikabulkan

Arisan Barang
Asal usul Arisan Barang adalah salah satu jenis arisan yang kegiatannya pada desa-desa. Biasanya, arisan ini pelaksanaannya dengan cara patungan ketika salah satu anggota arisan akan mengadakan pesta atau hajatan, seperti pernikahan atau khitanan.

sesuai kesepakatan waktu sebelumnya, setiap orang pada arisan harus membawa barang-barang yang sesuai sebelumnya. Barang-barang tersebut bisa berupa sembako, minyak goreng, telur, atau bahan lain yang akan dibutuhkan untuk persiapan pesta.

Dengan adanya Arisan Barang ini, orang yang menyelenggarakan pesta akan merasa terbantu karena kebutuhan barang atau bahan untuk pesta sudah terpenuhi oleh sumbangan dari anggota arisan lainnya.

BACA JUGA:Diduga Masalah Percintaan, Mahasiswi di Bengkulu Akhiri Hidup dengan Bunuh Diri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: