5 Destinasi Wisata Edukasi Belitung, Liburan Lebih Bermanfaat dan Menyenangkan

5 Destinasi Wisata Edukasi Belitung, Liburan Lebih Bermanfaat dan Menyenangkan

Museum Timah Indonesia-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Wisata Bangka Belitung Island ini sekaligus menjadi tempat bersejarah saat Bung Karno dan Bung Hatta diasingkan oleh Belanda pada tahun 1948-1949. Wisma tempat presiden dan wakil presiden RI pertama di asingkan tersebut masih terawat sampai sekarang.

Pergi berwisata ke pulau ini, selain dapat melihat pemandangan indah, disana juga dapat berbagai informasi mengenai nilai-nilai sejarah Bung Karno dan Bung Hatta.

5. Agrowisata Kebun Lada

Taman agrowisata lainnya yang bisa dijadikan wisata edukasi Belitung adalah agrowisata kebun lada. Taman ini ada di daerah pegunungan yang punya iklim sejuk. Agrowisata Lada dikelola oleh pihak BP3L. BP3L merupakan Badan Pengelola, Pengembang, dan Pemasaran Lada di wilayah Desa Cambai, tepatnya di Kabupaten Bangka Tengah.

Di kawasan ini juga terjaga kelestarian alamnya sehingga cocok dijadikan sebagai healing bersama keluarga atau teman. Tidak lengkap jika hanya menyajikan wisata alam, ada juga wisata edukasi di dalamnya.

Banyak peneliti yang datang ke tempat ini untuk mengetahui penanaman lada dan keunggulan dari jenis tersebut. Tidak hanya peneliti lokal saja, kawasan ini sering didatangi peneliti dari negara lain yaitu Jerman, Malaysia, Jepang, dan lainnya.

Negara ini termasuk importir lada sehingga tidak heran penelitinya datang ke Indonesia untuk mempelajari lada ini yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat sebagai rempah.

Itulah beberapa referensi destinasi wisata edukasi yang bisa kamu kunjungi ketika kamu berlibur ke Bangka Belitung.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: