5 Destinasi Wisata Edukasi Belitung, Liburan Lebih Bermanfaat dan Menyenangkan

5 Destinasi Wisata Edukasi Belitung, Liburan Lebih Bermanfaat dan Menyenangkan

Museum Timah Indonesia-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Jika ingin edukasi dengan tema agrowisata, Bangka Belitung ada tempat favorit yang terletak di kota Pangkal Pinang. Namanya adalah Bangka Botanical Garden atau yang disingkat dengan BBG.

Di tempat ini, pengunjung bisa melihat area hijau dengan luas mencapai 300 hektar. Kawasan agrowisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Anda bisa menikmati suasana sejuk dan pemandangan yang indah.

Dalam konsep edukasinya, pengunjung bisa belajar tentang usaha pertanian, perikanan, dan peternakan dan melakukan praktek secara langsung. Pengetahuan cara bertani dan beternak ini akan diajarkan dengan baik.

Dengan cara ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan semakin mencintai alam. Jika ingin sekalian mengunjungi pantai, bisa berhenti di pantai Pasir Padi yang dekat dengan BBG sehingga gampang dijangkau.

BACA JUGA:8 Keistimewaan Danau Kaolin, Destinasi Bekas Tambang Timah di Bangka Belitung

3. Komunitas Kelekak


Salah satu galeri Komunitas Kelekak. -Sumber : Akun Instagram @kelekak_comunity-

Tempat ini ada di lokasi Hutan Taklok Tuatunu, Pangkalpinang yang ada di 5 km dari pusat kota Bangka Belitung. Di tempat ini termasuk kawasan alam yang eksotis dan menghadirkan budaya lokal yang unik di dalamnya.

Komunitas Kelekak ini memiliki berbagai macam destinasi yang bisa dikunjungi, seperti keindahan alam hutan, rumah tradisional, permainan budaya Bangka, sampai rumah tradisional dan perlengkapan tradisional.

Semua itu bisa Anda pelajari sehingga dapat menambah wawasan tentang budaya di Bangka Belitung. Ada juga bangunan masjid yang menarik mata karena dibuat dari kayu dan memiliki nuansa budaya Bangka.

Tempat wisata ini akan cocok dilakukan untuk kunjungan lapangan atau study tour. Rombongan yang berkunjung disana nantinya akan disuguhkan dengan tarian khas Bangka untuk menyambut kedatangan dari wisatawan. Menariknya, di tempat ini Anda bisa melihat miniatur ka’bah.

BACA JUGA:Pantai Tanjung Tinggi di Kepulauan Bangka Belitung, Wisata Populer Diapit 2 Semenanjung

4. Gunung Menumbing


Gunung Menumbing Bangka. -Sumber: Akun Instagram @saputra2915-

Tidak seperti namanya, gunung Menumbing bukanlah salah satu destinasi wisata pendakian melainkan, Gunung Menumbing merupakan salah satu objek wisata yang terletak di daerah Mentok pada arah barat laut kepulauan Bangka atau tepatnya di Desa Air Belo, mentok, Kab. Bangka Barat, Bangka Belitung. Gunung Manumbing memiliki ketinggian sekitar 355 meter di atas permukaan air laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: