8 Keistimewaan Danau Kaolin, Destinasi Bekas Tambang Timah di Bangka Belitung

8 Keistimewaan Danau Kaolin, Destinasi Bekas Tambang Timah di Bangka Belitung

Danau Kaolin. Lokasinya terletak di Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. -Sumber : Akun Instagram @eksploredolan.id-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Bicara mengenai sejarah tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bangka Belitung untuk hanya sekedar liburan tanpa adanya edukasi. Salah satu tempat yang ada di Bangka Belitung tepatnya di kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung merupakan provinsi penghasil timah terbesar di dunia. 

Tapi tahukah kamu? Dilansir dari laman detikNews.com, di Kabupaten Bangka Tengah ada lokasi bekas galian tambang timah yang dijadikan obyek wisata. Namanya Danau Kaolin.

Lokasinya terletak di Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. Selain di Pulau Belitung, di Pulau Bangka ternyata juga memiliki destinasi wisata Danau Kaolin yang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata bekas galian tambang timah. 


Panorama menakjubkan dari Danau Kaolin. -Sumber: Akun Instagram @vandeballoy-

Tentunya destinasi wisata danau kaolin memiliki keistimewaan yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk bertandang diantaranya

1. Keindahan Alam

Keindahan alamnya pun tak perlu diragukan lagi, danau ini pernah menyabet atau masuk dalam nominasi Destinasi Unik Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia tahun 2019 lalu. Nah bagi detikers yang ingin mengisi waktu libur panjang, danau ini bisa jadi tujuan untuk berlibur bersama kerabat dekat atau keluarga.

2. Wisata Edukasi Bersejarah

Danau Kaolin sering disebut dengan istilah Camoi Aik Biru (kolam biru) oleh masyarakat setempat. Lokasi ini merupakan bekas pertambangan bijih timah dan kaolin yang telah ditinggalkan sejak 1971.

Danau Kaolin ini terbentuk dari hasil galian tambang yang berbentuk cekungan, lalu lambat laun terisi air hingga terbentuklah danau seperti saat ini. Jadi danau ini terbentuk bukan secara alami, melainkan ditambang dahulu mineral yang terkandung di tanah.

3. Destinasi Wisata Mancanegara

Destinasi wisata bekas tambang itu kini menjadi tempat wisata yang tidak pernah sepi di kunjungi wisatawan atau pelancong yang datang ke Pulau Bangka baik dari lokal hingga mancanegara.

4. Danau Yang Cantik 

Danau kaolin ini terlihat cantik dan indah dengan airnya yang berwarna biru toska yang begitu menakjubkan. Warna biru ini ditimbulkan oleh sisa meneral pertambangan timah dan kaolin. Di bagian pinggir danau terlihat seperti bukit, tanah berwarna putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: