Lewat Gernas BBI-BBWI Bank Indonesia Bengkulu Dorong Pengembangan UMKM dan Wisata

Lewat Gernas BBI-BBWI Bank Indonesia Bengkulu Dorong Pengembangan UMKM dan Wisata

Gubernur Bengkulu bersama istri hadiri kegiatan Gernas BBI -BBWI-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bank Indonesia (BI) Bengkulu terus berkomitmen mendukung pengembangan UMKM dan Wisata di Provinsi Bengkulu. Salah satunya melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (GBBI-BBWI). 

Pemerintah Provinsi Bengkulu sebagai campaign manager bersama Bank indonesia, Kementerian Perindustrian, dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai co-campaign manager telah sukses menyalenggarakan harvesting GBBI-GBWI dengan tema mela belanjo kek bejalan ke Bengkulu.

Kegiatan itu berlangsung selama 3 hari sejak 17-19 November 2023 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka dan Rumah Dinas Gubernur Bengkulu.

Disampaikan Deputi Gubernur BI, Juda Agung,  Bank Indonesia memberikan dukungan dalam digitalisasi sistem pembayaran untuk memberikan kemudahan dalam proses transaksi.

BACA JUGA:UMKM Bisa Sukses Berkat Pinjol, Cara Bijak Gunakan Jasa Pinjol

Selain itu. BI juga terlibat langsung dalam proses revitalisasi tempat tujuan wisata di Provinsi Bengkulu, yaitu Rumah Pengasingan Bung Karno. Melalui komitmen tersebut diharapkan UMKM dan wisata Provinsi Bengkulu semakin maju dan mendunia.

Tidak hanya hanya itu, BI Bengkulu secara aktif bersinergi dengan Pemerintah Provinsi yang diwujudkan dalam dua inisiatif utama. Pertama, melakukan pengembangan UMKM lokal dan kebijakan pendukungnya. Bank Indonesia bersama Pemerintah Provinsi dan Kementerian Perindustrian, telah menyiapkan UMKM lokal menuju on boarding dan go export. Kedua, pengembangan atraksi pariwisata utama Provinsi Bengkulu.

"BI terus melanjutkan upaya-upaya mendorong UMKM untuk naik kelas melalui proses kurasi, sertifikasi, dukungan go ekspor dan digitalisasi  UMKM. Dari sisi pariwisata, BI bersama Pemerintah Provinsi Daerah juga mendorong terbentuknya desa-desa wisata di daerah," ungkap Juda Agung, Selasa (21/11/2023).

Dari sisi KPw Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Darjana mengatakan, pengembangan UMKM, telah dilakukan seleksi untuk mendapatkan UMKM unggulan Provinsi Bengkulu. 

BACA JUGA:Baru Rilis! Aplikasi Penghasil Uang Terbaru 2023, Bisa Tarik 40 Ribu Tiap Hari

UMKM yang telah tersaring saat ini telah didampingi dan ditingkatkan kapasitasnya agar siap go export dan go digital.

Dari sisi permodalan, juga telah dilakukan bussinnes matching antara UMKM unggulan dengan perbankan di wilayah Provinsi Bengkulu dalam rangka mendukung pengembangan bisnisnya.

Kebijakan itupun juga dilakukan pada ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu dengan kebijakan penggunaan kain basurek dan mengikutsertakan UMKM pada kegiatan expo di Malaysia.

"Saat ini telah terjaring 30 UMKM unggulan Provinsi Bengkulu yang terseleksi secara ketat dan berhasil meningkatkan omzet penjualannya," sampai Darjana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: