Dukung Pemilu 2024, YouTube Akan Hapus Konten Misinformasi

Dukung Pemilu 2024, YouTube Akan Hapus Konten Misinformasi

Google dan Youtube akan hapus konten misinformasi--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagai wujud dukungan atas pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pihak Google-YouTube menyatakan akan bertindak tegas terhadap konten misinformasi terkait Pemilu di Indonesia. 

Berdasarkan kebijakan di layanan pedoman komunitas yang dirancang agar pengguna tetap terlindungi, YouTube akan menghapus konten-konten yang dinilai berbahaya dan ilegal.

BACA JUGA:Masa Mendatang, Konten Di YouTube Akan Lebih Banyak Pakai AI

BACA JUGA:Klaim Saldo DANA Gratis Rp300.000: Cuma Nonton Youtube Tanpa Undang Teman

Hal ini disampaikan oleh Danny Ardianto, Kepala Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik, YouTube Indonesia dan Asia Selatan melalui acara bertajuk #YukPahamiPemilu di Jakarta beberapa waktu lalu. YouTube akan menghapus konten yang berisiko serius dan mengancam orang lain.

"Sebagai contoh kebijakan misinformasi tentang pemilu di mana kami melarang konten yang memiliki risiko serius dan membahayakan. Contohnya konten yang dapat mengganggu proses demokrasi atau klaim tidak benar calon kandidat," ujarnya.

BACA JUGA:Ini Dia Cara Download Lagu Mp3 dan Youtube Gratis dengan MP3 Juice!

BACA JUGA:Bengkuluekspress.com Wakili Bengkulu Berkolaborasi dengan Narasi dan YouTube

Dirinya menjelaskan, jika ada konten-konten tersebut ditemukan maka YouTube akan memberikan sanksi tegas berupa pemblokiran, penghapusan hingga pembatasan konten.

Diungkapkan oleh Danny, pada kuartal pertama 2023 YouTube telah menghapus lebih dari 6 juta video karena terdeteksi menggunakan teknologi kombinasi machine learning dan manusia.

Dari video yang dihapus tersebut lebih dari 93% pertama kali dideteksi oleh mesin. Di Indonesia YouTube telah menghapus 350 ribu konten video pada kuartal pertama.

"Secara global dari jumlah total video yang dihapus ada 69 ribu di antaranya dihapus karena adanya pelanggaran kebijakan misinformasi," jelas Danny.

BACA JUGA:Feby Ilham Fitra (22), Kampanyekan Cara Membuat Tungku Lewat Youtube

BACA JUGA:Ini Dia Cara Download Lagu Mp3 dan Youtube Gratis dengan MP3 Juice!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: