Kulit Wajah Mengelupas? Pahami Penyebab dan Cara Menanganinya

Kulit Wajah Mengelupas? Pahami Penyebab dan Cara Menanganinya

Cara menangani kulit wajah mengelupas-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

- Rosacea (masalah peradangan kulit kronis yang ditandai dengan kulit kemerahan disertai bintik-bintik seperti jerawat).

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah Manfaat Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas

Kulit wajah mengelupas dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada wajah, terlebih lagi jika muncul gejala iritasi kulit. Adapun beberapa cara mengatasi kulit wajah mengelupas adalah sebagai berikut :

1. Menggunakan Pelembap Wajah

Mengingat bahwa kulit kering merupakan salah satu penyebab utama pengelupasan pada kulit wajah, maka penting untuk memastikan kulit wajah terjaga kelembapannya. Caranya dengan menggunakan pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Untuk mengunci kelembapan kulit wajah, cuci muka dengan bersih lalu gunakan pelembap yang mengandung gliserin, dimethicone, minyak jojoba, lactic acid, hyaluronic acid, lanolin, petrolatum, shea butter, dan minyak mineral.

2. Menggunakan Sunscreen

Cara mengatasi kulit wajah mengelupas berikutnya adalah menggunakan sunscreen atau tabir surya secara rutin terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Hal ini berguna untuk mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan meminimalkan keparahan kondisi kulit. Pilihlah produk sunscreen yang bersifat waterproof dengan SPF minimal 30 serta aplikasikan kembali sunscreen setiap 2 jam. 

BACA JUGA:Manfaat Suntik DNA Salmon untuk Kulit, Begini Penjelasannya

3. Pilih Sabun Cuci Muka Dengan Kandungan Lembut

Jika kulit wajah mengelupas dan perih, gunakan sabun cuci muka yang memiliki kandungan lembut. Hal ini penting dilakukan agar minyak alami di wajah tidak menghilang. Dengan begitu, kelembapan kulit dapat terjaga. 

Selain itu, gunakan kain yang lembut atau tisu saat mengeringkan wajah. Pasalnya, menggunakan kain kasar dan menggosok-gosokkannya pada wajah dapat memicu iritasi dan memperparah kondisi kulit wajah.

4. Minum Air Putih Yang Cukup

Kulit kering dan mengelupas juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar kulit tetap terhidrasi dan terjaga kelembapannya. Usahakan minum air putih setidaknya dua liter setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: