Kenali 6 Penyebab Kulit Wajah Mengelupas dan Cara Mengatasinya

Kenali 6 Penyebab Kulit Wajah Mengelupas dan Cara Mengatasinya

Penyebab kulit wajah mengelupas dan cara mengatasinya-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagian orang mungkin belum banyak yang mengetahui jika kulit wajah yang mengelupas merupakan proses alami dan respon tubuh untuk membuang sel kulit mati.

Namun, kulit wajah yang terkelupas secara berlebihan atau disertai gejala lain perlu diwaspadai. Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya infeksi atau suatu penyakit.

Kulit merupakan bagian tubuh yang mudah mengalami iritasi dan rusak akibat paparan zat tertentu maupun komponen lain di lingkungan sekitar. Iritasi yang berulang ini dapat menyebabkan kulit mengelupas.

Kulit mengelupas tidak hanya terjadi pada kulit wajah, tetapi juga bisa terjadi pada bagian tubuh lain, seperti tangan, kaki, dan sekitar kuku. Oleh karena itu penting untuk mengetahui beberapa hal menyebabkan kulit wajah mengelupas. Berikut sejumlah penyebab kulit wajah mengelupas dan cara mengatasinya. 

BACA JUGA:Ini Dia 8 Merek Lem Sepatu yang Paling Kuat

1. Terbakar sinar matahari

Sering terpapar sinar matahari bisa membuat kulit wajah mengelupas. Sebelum mengelupas, kulit wajah akan memerah dan terasa sakit serta panas ketika disentuh. Hal ini biasanya terjadi beberapa jam setelah terpapar sinar matahari.

Setelah beberapa hari, lapisan kulit yang rusak akan mengelupas dan kulit mulai sembuh dengan sendirinya. Pengelupasan ini bisa membuat warna kulit menjadi tidak merata dan tampak seperti berpola.

2. Kulit kering

Kulit wajah mengelupas juga rentan dialami oleh pemilik tipe kulit kering, apalagi jika terus-menerus terpapar sabun atau krim yang mengandung zat iritatif, cuaca sangat panas dan dingin, serta sinar matahari.

Memiliki kulit kering sebenarnya tidak berbahaya, tetapi ada juga kulit kering yang disebabkan oleh gangguan serius, seperti iktiosis. Kondisi ini merupakan gangguan kulit yang disebabkan oleh faktor keturunan.

BACA JUGA:Ingin Gatal-gatal Hilang Tanpa Digaruk, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Sederhananya

3. Perawatan kosmetik

Beberapa kandungan produk untuk menangani jerawat, seperti retinol atau retinoid dan benzoyl peroxide juga dapat menyebabkan kulit mengelupas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: