Kulit Wajah Mengelupas? Pahami Penyebab dan Cara Menanganinya

Kulit Wajah Mengelupas? Pahami Penyebab dan Cara Menanganinya

Cara menangani kulit wajah mengelupas-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pada dasarnya, kulit wajah mengelupas adalah proses alami tubuh untuk melepaskan lapisan kulit mati.

Namun, kulit wajah yang mengelupas terlalu sering atau berlebihan perlu diwaspadai karena bisa menjadi tanda infeksi atau masalah kulit lainnya.

Lalu, apakah kulit wajah mengelupas berbahaya? Hal ini tergantung dari penyebab dan seberapa parah pengelupasannya. Maka dari itu, sebaiknya kenali beberapa penyebab wajah mengelupas dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Penyebab kulit wajah mengelupas cukup beragam, bisa karena penggunaan produk perawatan wajah yang tidak tepat, paparan sinar matahari, dan lain-lain. Kondisi ini terkadang dapat menyebabkan rasa gatal, iritasi, dan menimbulkan kemerahan pada kulit.

BACA JUGA:Wajah Kembali Cerah Berseri, Berikut Cara Mengangkat Sel Kulit Mati

Secara umum, berikut adalah penjelasan mengenai beberapa penyebab kulit wajah mengelupas yang perlu diketahui :

1. Kulit Wajah Kering

Penyebab utama kulit wajah mengelupas adalah kulit kering. Kondisi ini dapat menyebabkan sel-sel kulit tidak bisa menempel satu sama lain dan akhirnya mulai mengelupas. Umumnya, kulit kering terjadi karena kurangnya kelembapan pada wajah atau paparan udara panas kering atau dingin.

Kulit kering umumnya bukanlah suatu kondisi yang berbahaya. Namun, beberapa kasus kulit kering yang tak kunjung sembuh perlu diwaspadai karena bisa saja disebabkan oleh masalah kulit yang serius, seperti iktiosis (masalah kulit yang diwariskan atau akibat faktor kelainan genetik).

2. Sunburn

Sunburn juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa kulit wajah mengelupas. Pasalnya, terlalu lama terkena paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit wajah meradang yang ditandai dengan kulit terasa nyeri saat disentuh, berwarna kemerahan, pecah-pecah atau berdarah. 

Jika mengalami kondisi ini dan gejala tidak kunjung membaik dalam beberapa hari, sebaiknya segera konsultasikan kondisi tersebut dengan dokter.

BACA JUGA:Agar Hasil Maksimal, Berikut Cara Pakai Sunscreen yang Tepat untuk Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: