Prodi Jurnalistik Fisip Unib Jalin Kerjasama dengan Prodi Ilmu Komunikasi UMM

Prodi Jurnalistik Fisip Unib Jalin Kerjasama dengan Prodi Ilmu Komunikasi UMM

Foto bersama Prodi Jurnalistik Fisip Unib dengan Prodi Ilmu Komunikasi UMM-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam rangka menindaklanjuti kolaborasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu (Fisip Unib) bersama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan Penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama, Persentasi Hasil Riset/Pengabdian dan Workshop Tenaga Laboratorium. 

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 2-3 November 2023, di Ruang Sidang Fisip, R 601 GBK 1 Lt. 6 dan Ruang Laboratorium Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. 

Dalam sambutannya,  Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UMM Nasrulloh, M. Si  penyampaianya  rasa terimakasih atas kedatangan dari Ketua Prodi Jurnalistik Yuliati, S.Sos., M.I.Kom, Kepala Laboratorium Komunikasi dan Jurnalistik Dwi Aji Budiman, M.A,  Ketua Prodi S2 Ilmu Komunikasi Dr. Dhanurseto Hadiprashada, M.Si, dosen, dan staf Laboratorium Fisip Unib.

Nassrulloh menjelaskan, Prodi Ilmu Komunikasi UMM memiliki program peminatan bagi mahasiswa, seperti praktikum yang memfokuskan kepada mahasiswa dalam membuat real project – real client dan Creative Digital Communication.

BACA JUGA:Puluhan Mahasiswa Jurnalistik Unib Dibekali Ilmu Fotografi dan Sinematografi

Kami para dosen prodi Ilmu Komunikasi UMM menerapkan konsep pengembangan kompetensi 4c kepada mahasiswa supaya dapat survive di dunia kerja nanti yakni Critical Thingking (Berpikir Kristis), Creativity Thingking and Innovation (Kreatif dan Inovatif), Communication (Komunikatif), dan Collaboration (Kooperatif),"  ungkapnya

Sementara itu, Ketua Prodi Yuliati, S.Sos., M.I.Kom juga menyampaikan , dengan kerjasama yang terjalin ini dapat terus dilakukan untuk kedepannya.

"Dengan adanya PKS ini kami berharap dapat melakukan kolobarasi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti merancang buku, join research, pelatihan laboratorium, uji kompetensi dan pengabdian masayarakat,” kata Yuliati.

Selain melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama, kegiatan ini juga dilakukan dengan pemaparan hasil penelitian yang disampaikan oleh Dosen Prodi Jurnalistik FISIP UNIB dan Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UMM.

Tak hanya itu, kegiatan dilanjutkan dengan  workshop Laboratorium Multimedia Komunikasi UMM yang disampaikan langsung oleh Widiya Yutanti, M.A.

Dalam workshop ini ia memaparkan bagaimana tata cara mahasiswa melakukan peminjaman peralatan, program kerja yang dilaksanakan oleh laboratorium, memperlihatkan video kegiatan praktikum mahasiswa dan melakukan kunjungan ke setiap studio yang ada di Lab. Komunikasi UMM. 

Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab dan pemberian cindramata oleh Prodi Jurnalistik Fisip Unib kepada Prodi Komunikasi UMM serta ditutup dengan foto bersama. (Hadi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: