Puluhan Mahasiswa Jurnalistik Unib Dibekali Ilmu Fotografi dan Sinematografi

Puluhan Mahasiswa Jurnalistik Unib Dibekali Ilmu Fotografi dan Sinematografi

Puluhan mahasiswa jurnalistik ikuti workshop fotografi dan sinematografi-(foto: hadi/bengkuluekspress.com)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam upaya memberdayakan potensi dan bakat mahasiswa baru dalam bidang fotografi dan sinematografi, Himpunan Mahasiswa S1 Jurnalistik (Himas1stik) Fisip Unib  menyelenggarakan workshop bertajuk "JUFFE" (Jurnalistik Film Foto Edukasi). 

Acara ini berlangsung selama dua hari yang dimulai dari tanggal 4 November hingga 5 November 2023, di Gedung Bersama 2 Fisip Unib.

Kegiatan ini mengusung  tema mengembangkan potensi dan bakat mahasiswa baru dalam bidang fotografi dan sinematografi.

Dijelaskan Ketua Panitia Juffe Himas1stik Fisip Unib, acara ini bertujuan memberikan wawasan dan keterampilan kepada peserta mengenai seni visual melalui fotografi dan sinematografi. 

BACA JUGA:Perempuan Lebih Rentan Jadi Korban Kejahatan Digital

Para mahasiswa baru memadati ruangan dengan penuh antusias dan semangat untuk belajar dan mengembangkan skill mereka.

Untuk hari pertama workshop sambung Hanifan,  peserta diajak menjelajahi dunia fotografi. Materi yang disajikan meliputi teknik dasar fotografi, komposisi visual, dan pengeditan foto. Para peserta diajak untuk berlatih langsung dengan peralatan fotografi yang disediakan oleh panitia. 

Peserta pun juga mengikuti sesi praktik agar mereka semakin akrab dengan dunia visual. Pemateri yang ahli di bidang fotografi memberikan pandangan mendalam tentang bagaimana mengambil gambar yang bermakna dan memukau.

"kegiatan ini dirasa memang sangat penting, mengingat karena prodi S1 Jurnalistik membutuhkan mahasiswa yang paham secara mendalam mengenai fotografi dan videografi atau sinematografi," ujar Hanifan, (5/11/2023)

BACA JUGA:Tryout UTBK SNBT 2024 Ruangguru, Disiapkan untuk Para Siswa Menghadapi Ujian PTN

Sementara itu, pada hari kedua, fokus acara beralih ke sinematografi. Peserta diberikan pemahaman mendalam tentang prinsip dasar pembuatan film, penulisan skenario, tugas dan fungsi crew, teknik pengambilan gambar, dan editing film.

Para pemateri yang ahli dalam bidang ini memberikan wawasan berharga tentang berbagai aspek produksi film.

"Saya berharap agar para peserta yang telah mengikuti kegiatan ini agar dapat mengerti esensi dari fotografi dan sinematografi serta dapat mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan pada kehidupan sehari-hari maupun saat memasuki dunia kerja nanti," imbuhnya.

Disisi lain, salah satu peserta Juffe yakni Linda menuturkan, kegiatan yang diselenggarakan ini tidak hanya membangkitkan semangat kreatif peserta tetapi juga membantu mereka memahami peran penting fotografi dan sinematografi dalam dunia jurnalisme.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: