Cara Sehat Mencegah Osteoporosis Sejak Muda

Cara Sehat Mencegah Osteoporosis Sejak Muda

Cara Sehat Mencegah Osteoporosis Sejak Muda-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Kalsium dan fosfor adalah dua faktor utama dalam menjaga kesehatan tulang, karenanya konsumsi vitamin D yang cukup dalam menunjang kekuatan tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan.

Vitamin D bisa didapat dengan rutin berjemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 10-15 menit, dengan tetap menggunakan tabir surya. 

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi makanan dan minuman kaya vitamin D seperti telur, susu, sereal, salmon, tuna, dan sejenisnya. Jika dibutuhkan, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin D sesuai anjuran dokter.

4. Hindari Kebiasaan Buruk

Menerapkan pola hidup sehat dengan tidak merokok dan mengonsumsi alkohol, serta mengurangi minuman bersoda merupakan salah satu awal pembentukan tulang sehat dan kuat. 

Hal ini dikarenakan kandungan alkohol dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam menyimpan kalsium, begitu juga dengan minuman bersoda yang mampu memicu pelepasan kalsium sehingga mengurangi kepadatan tulang.

5. Lakukan Skrining Secara Berkala

Anda dapat melakukan tes kepadatan tulang atau bone mineral density test secara rutin untuk mengevaluasi kemungkinan terjadi osteoporosis. Tes ini akan mengukur jumlah kalsium dan mineral lain di dalam tulang, terutama tulang belakang, tulang panggul, dan tulang di pergelangan tangan Anda menggunakan teknologi sinar-X.

Itulah beberapa cara mencegah osteoporosis yang juga untuk mendapatkan tulang kuat dan sehat. Apabila Anda memiliki keluhan lanjutan terkait osteoporosis, segera konsultasikan kondisi Anda dengan dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan tepat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: