Cara Sehat Mencegah Osteoporosis Sejak Muda

Cara Sehat Mencegah Osteoporosis Sejak Muda

Cara Sehat Mencegah Osteoporosis Sejak Muda-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Banyak yang mengira, jika osteoporosis adalah penyakit lansia yang hanya menyerang usia tua. 

Padahal, penyakit yang menyebabkan pengeroposan tulang ini dapat dialami siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. 

Biasanya gejala osteoporosis berkembang secara bertahap, maka itu penting untuk mengetahui cara mencegah osteoporosis sejak usia muda.

Cara Mencegah Osteoporosis

Berikut lima cara mencegah osteoporosis yang dapat dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari agar tulang tetap kuat :

1. Rutin Berolahraga

Cara mencegah osteoporosis yang pertama adalah rutin berolahraga. Aktif bergerak dan berolahraga mampu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang, terutama jika dilakukan rutin sejak masa kanak-kanak dan remaja.

Anda dapat memilih olahraga favorit untuk dijadwalkan setiap harinya, seperti latihan beban dan ketahanan yang memiliki tujuan memperkuat otot dan tulang. 

Lakukan secara berkala agar menjadi bekal kesehatan tulang di masa depan, terutama saat kepadatan tulang mencapai puncak maksimalnya pada usia sekitar 30 tahun.

2. Cukupi Kebutuhan Kalsium

Kalsium memiliki peranan dalam memperkuat tulang, maka itu penting untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian demi menunjang kesehatan tulang. 

Anda dapat mengonsumsi makanan berkalsium tinggi setiap harinya, seperti beragam produk olahan susu rendah lemak, sereal tinggi kalsium, produk olahan kedelai, kacang almond, dan sayuran hijau.

3. Konsumsi Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium serta menjaga kadar fosfor dalam darah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: