Gelar Rakor, Pj Walikota Bengkulu Tindaklanjuti Arahan Presiden Jokowi

Gelar Rakor, Pj Walikota Bengkulu Tindaklanjuti Arahan Presiden Jokowi

Pj Walikota Bengkulu Tindaklanjuti Arahan Presiden Jokowi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM – Usai mendengarkan arahan Presiden RI Joko Widodo dan para Menteri terkait pemantapan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik serta mengoptimalkan implementasi program strategis nasional baru-baru ini, Rabu (1/11), di Balai Kota Merah Putih, Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi langsung menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama seluruh Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan stakeholder terkait untuk menindaklanjuti arahan Presiden dan para Menteri yang akan diimplemetasikan di Kota Bengkulu.

Sementara itu, sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan sejumlah arahan kepada para kepala daerah guna menghadapi dampak dari situasi dan berbagai tantangan global. 

Arahan tersebut disampaikan Presiden dalam pertemuan dengan para penjabat kepala daerah se-Indonesia baru-baru ini.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Bakal Tambah Titik CCTV, Diskominfo Lakukan Pemetaan

Pertama, Presiden meminta kepala daerah untuk mengendalikan inflasi dengan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di daerah masing-masing.

“Kendalikan inflasi, jaga stabilitas harga barang-barang kebutuhan pokok utamanya, pantau harga riil di pasar, turun ke lapangan. Jika ada masalah, lakukan intervensi seperti yang tadi saya sampaikan subsidi angkutan bisa dilakukan,” ujarnya.

Kedua, Presiden meminta para penjabat kepala daerah untuk tetap waspada terhadap dampak dari fenomena super el nino, terutama terhadap penurunan produksi komoditas.

BACA JUGA:Target Kemenpan RB, MPP HD Kota Bengkulu Siap Menuju MPP Digital

“Meskipun ini sudah mulai hujan, tetap perlu saya sampaikan waspadai potensi kebakaran. [Kebakaran] masih kecil, segera selesaikan. Kalau kira-kira diperkirakan tidak mampu menyelesaikan, segera  sampaikan ke BNPB Pusat,” lanjutnya.

Ketiga, terkait reformasi birokrasi, Presiden mendorong penyederhanaan prosedur dan tata kelola khususnya dalam hal pelayanan perizinan bagi investor. 

Presiden menekankan bahwa investasi sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

“Gimana kita mau bersaing kalau izin masih berbulan-bulan ke meja ini, ke meja ini, ke meja ini, ke meja ini, ke meja ini. Seperti itu yang para Gubernur, Bapak-Ibu Gubernur, Bapak-Ibu Bupati/Wali Kota selesaikan. Karena investasi itu rebutan semua negara sekarang ini rebutan,” ujarnya.

BACA JUGA:Pj Walikota Salurkan Bantuan GPS ke Siswa SMPN 2 Kota Bengkulu

Keempat, Kepala Negara juga mendorong pemerintah daerah mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: