Ingin Mendaki Gunung Diakhir Tahun, Ini yang Harus Disiapkan

  Ingin Mendaki Gunung Diakhir Tahun, Ini yang Harus Disiapkan

Ilustrasi mendaki gunung-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Trend mendaki gunung masih digemari oleh anak muda saat ini dan tidak pernah sepi peminat bagi penikmat petualangan alam bebas. Ditambah lagi saat ini sudah masuk jadwal libur akhir tahun 2023 sehingga menyusun rencana mendaki gunung dimulai dari sekarang adalah waktu yang tepat.

Bagi sahabat alam yang ingin mendaki gunung ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Sebab mendaki gunung bukan lah olahraga yang ringan tetapi cukup berat dan butuh persiapan yang matang. 

Adapun yang harus dipersiapkan, yaitu pertama adalah mentukan lokasi dan level mendaki yang akan dilakukan. Sebab, setiap gunung akan menyuguhkan jalur yang berbeda-beda levelnya sesuai dengan karakteristik gunungnya.

Ditambah lagi jika mendaki gunung kali ini adalah pendakian pertama sehabat alam. Maka dianjurkan untuk sahabat alam yang perdana mendaki gunung harus memilih trak gunung jangan karena gengsi, tetapi harus mengutamakan kemampuan sebagai pengalaman baru yang akan dijalani. Sehingga jangan sampai menjadi pendaki gunung yang angkuh dan langsung menjajal lokasi yang sulit untuk dicapai dengan level kesulitan yang tinggi, padahal pengalaman mendaki gunung yang akan dijalani ini adalah pertama kalinya.

BACA JUGA:Menginap di Villa Thania Sambil Nikmati Hamparan Kebun Teh Kabawetan

Selain sahabat alam harus menentukan lokasi pendakian gunung. Sahabat alam juga harus merencanakan pendakian gunung tersebut akan dilakukan sendirian atau bersama teman atau yang lebih sering dikenal dengan solo hiking atau berkelompok.

Namun, bagi kebanyakan orang yang melakukan solo hiking merupakan sebagai suatu pelarian untuk mencapai ketenangan batin. Tetapi jika ingin mendaki gunung sendirian juga lebih berbahaya jika terjadi sesuatu saat Anda lengah dan keluar jalur. Maka jika pendakian gunung yang dilakukan merupakan pengalaman pertama sehingga lebih aman, ajak beberapa teman sahabat alam untuk mendaki gunung bersama.

Setelah menentukan lokasi dan jadwal serta akan mendaki gunung dengan siapa. Sahabat alam juga harus mempersiapkan barang bawaan yang akan dibawa mendaki gunung. Sahabat alam harus membawa barang-barang ini saat mendaki gunung, yaitu peta dan kompas atau GPS, kotak P3K, filter air, tabir surya dan lotion anti serangga, pisau serbaguna, kabel nilon,senter genggam atau senter kepala plus batere cadangan, kacamata hitam, korek api dan pemantik api, cadangan makanan terdiri dari sarapan, makan siang, dan makan malam per hari saat melakukaan pendakian.

BACA JUGA:Jalan-jalan ke Pantai Lentera Merah, Anda Bisa Mancing, Kemping dan Rekreasi di Pulau 'Milik Pribadi'

Sahabat alam juga bisa mempersiapkan  cemilan di sela-sela mendaki, cadangan air dan peralatan masak serta perlengkapan makan piring, mangkuk, gelas, sendok jika hiking selama lebih dari 1 hari, serta jangan lupa pakaian cadangan yang terdiri lapisan dasar atas dan bawah, lapisan tengah isolasi hangat dan lapisan luar jaket, jas hujan, kaus kaki ekstra, topi dan sarung tangan, handuk kecil, hindari pakaian yang berbahan kapas, karena dapat memerangkap keringat tetap dekat dengan kulit anda, serta tempat berlindung diri seperti tenda dan kantung tidur atau sleping bag jika hiking lebih dari satu hari.

Jangan lupa saat mendaki gunung sahabat alam harus menggunakan alas kaki yang tepat, sepert untuk pendakian singkat, sandal gunung atau sepatu olahraga masih biasa digunakan. Namun, untuk pendakian jarak jauh yang lebih lama, sahabat alam direkomendasikan untuk memakai sepatu boots khusus mendaki yang menawarkan kenyamanan. Jangan lupa sahabat alam membawa identitas diri dan uang tunai secukupnya ponsel atau radio 2 arah.

Setelah menentukan gunung yang akan didaki dan peralatan sudah disiapkan, serta akan dilakukan bersama siapa. Maka BE akan mengucapkan selamat berpetualang. (117)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: