Soal Perawatan Wajah, Bolehkah Retinol Dipakai Bersama Vitamin C?

Soal Perawatan Wajah, Bolehkah Retinol Dipakai Bersama Vitamin C?

Retinol dan vitamin C memang sama-sama baik untuk perawatan kulit dan kedua bahan ini memang umum digunakan dan popular sebagai bahan aktif produk kecantikan. --

Dengan fungsi retinol untuk wajah yang begitu banyak, bagaimana cara aman memakai skincare dengan kandungan retinol? Fungsi retinol untuk wajah akan lebih maksimal jika digunakan dengan tepat. Tips dalam menggunakan retinol agar aman, yaitu:

Gunakan pada kulit kering
Penggunaan retinol untuk kulit saat lembab akan membuat kulit cepat mengering sehingga sebaiknya menggunakan saat kulit benar-benar kering. Berikan jeda pemakaian jika kamu ingin menggunakan pelembab sebelum retnol sehingga kandungannya akan mudah terserap pada kulit.

Gunakan retinol secukupnya
Banyak orang yang mengetahui manfaat retinol sehingga terkadang menggunakan produk ini terlalu banyak, sering dan konsentrasi tinggi. Sebaiknya gunakan retinol dengan konsentrasi rendah khususnya bagi pemilik kulit sensitif. Konsentrasi dapat ditingkatkan secara perlahan seiring berjalannya waktu.

BACA JUGA:Mengejutkan! Hadir Motor Baru Jupiter Versi Matic Mesin 125 cc, Harga Murah!

Gunakan pada malam hari
Produk retinol umumnya menggunakan botol warna gelap karena zat photolabile dapat rusak jika terkena cahaya terang atau sinar matahari. Dianjurkan menggunakan pada malam hari agar fungsi retinol untuk wajah dapat maksimal.

Hentikan penggunaan retinol selama hamil
Retinol sebaiknya dihentikan penggunaanya selama masa kehamilan karena dalam dosis besar meningkatkan risiko cacat lahir pada bayi.

Retinol tidak boleh dipakai bersamaan dengan produk yang mengandung benzoil peroksida atau produk eksfoliasi seperti kandungan dalam produk eksfoliasi yaitu Alpha-Hydroxy Acid (AHA) dan Beta-Hydroxy Acid (BHA).Campuran dari bahan tersebut dapat membuat kulit iritasi, mengelupas dan kering. Gunakan bahan-bahan tersebut dalam waktu yang berbeda.

BACA JUGA:5 Aplikasi Penghasil Saldo OVO dan Gopay Gratis, Terbukti Membayar

Fungsi retinol untuk wajah akan terasa jika digunakan sesuai dengan aturan. Banyak orang yang menggunakannya tanpa resep dan aturan sehingga memicu efek samping. Berikut efek samping yang kerap dirasakan saat menggunakan retinol tanpa aturan:

Kulit iritasi dan kering
Terdapat perubahan warna kulit
Kulit sensitif terpapar sinar matahari
Kulit bengkak, melepuh, merah dan keras
Retinol disarankan dipakai pada malam hari sehingga dapat menghindari sinar matahari saat penggunaan krim. Namun jika terpaksa, gunakan tabir surya atau pelembab minimal SPF 30 atau lebih tinggi untuk mencegah kerusakan kulit.

Pada ibu hamil juga tidak disarankan karena turunan vitamin A berisiko mengganggu perkembangan janin, memicu kelainan tulang belakang pada bayi baru lahir. Penggunaan retinol dapat dikonsultasikan dengan dokter agar tidak menimbulkan efek samping bagi kulit.

BACA JUGA:Agar Gigi dan Mulut Sehat Bebas Kuman, Begini Cara Menggunakan Obat Kumur yang Benar

Dengan manfaat retinol yang besar ini, apakah retinol lebih baik dari vitamin C?
Retinol dan vitamin C memang sama-sama baik untuk perawatan kulit dan kedua bahan ini memang umum digunakan dan popular sebagai bahan aktif produk kecantikan. Meskipun sama-sama bermanfaat, penggunaan keduanya juga perlu diperhatikan agar maksimal diserap oleh kulit. Retinol dikenal sebagai bahan ampuh dalam perawatan kulit.

Namun disisi lain juga terdapat reaksi yang berbeda karena cara kerja retinol yang tidak pasti sedangkan pada vitamin C dapat memerangi berbagai masalah kulit yang hampir sama dengan retinol.
Cara terbaik untuk memperoleh manfaat keduanya adka menggunanakn vitamin C pada pagi hari agar melindungi kulit dari kerusakan akibat sel radikal bebas dan retinol pada malam hari.

Dengan begitu fungsi retinol untuk wajah dan vitamin C akan sama sebagai produk kecantikan jika digunakan dengan tepat. Keduanya tidak dapat digunakan bersamaan secara berlapis agar setiap bahan dapat berfungsi maksimal dengan manfaatnya masing-masing.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: