Hidung Tersumbat? Napas Jadi Lancar Dengan 7 Cara Ini

Hidung Tersumbat? Napas Jadi Lancar Dengan 7 Cara Ini

Ilustrasi hidung tersumbat-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan salah satu cara mengatasi hidung tersumbat. Mengapa begitu? Pasalnya, menjaga cairan tubuh dibutuhkan agar kondisi badan tetap baik.

Kekurangan cairan tubuh akan menyebabkan kondisi kesehatan semakin memburuk. Karenanya, penting menjaga cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih.

Minum air putih dalam jumlah cukup juga akan membantu mengencerkan lendir pada hidung, sehingga akan meredakan hidung tersumbat.

3. Menghirup Uap Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan menghirup yang hangat. Upaya ini juga membantu melegakan pernapasan.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan wadah berisi air hangat, kemudian dekatkan wajah pada wadah dan cobalah hirup uap hangatnya.

BACA JUGA:Agar Bayi Tidur Nyenyak, Ini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Pastikan air tidak terlalu panas untuk menghindari sensasi luka bakar pada wajah. 

Anda juga dapat melakukannya dengan cara lain, misalnya mandi air hangat atau membasuh wajah dengan waslap yang sudah dicelupkan air panas.  

4. Menggunakan Humidifier Di Ruangan

Memasang humidifier menjadi cara mengatasi hidung tersumbat yang efektif, terlebih apabila Anda berada dalam ruangan yang menggunakan AC.

Dengan menggunakan humidifier, kelembaban udara dalam ruangan akan terjaga, selain itu penyebaran debu juga akan berkurang sehingga saluran napas lebih terbuka.

5. Menggunakan Minyak Eucalyptus

Minyak eucalyptus merupakan salah satu cara meredakan hidung tersumbat secara alami dengan cepat dan efektif.

BACA JUGA:Metode Diet Dengan Telur Rebus dan Cara Tepat Melakukannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: