Agar Bayi Tidur Nyenyak, Ini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Agar Bayi Tidur Nyenyak, Ini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Agar bayi tidur nyenyak, ini cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Hidung tersumbat pada bayi adalah kondisi yang dapat membuat bayi menjadi tidak nyaman dan sulit bernapas. 

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh tumpukan lendir akibat pilek, flu, atau alergi. Namun, cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi tidaklah sulit jika Anda mengetahui langkah-langkah yang tepat.

Agar si kecil kembali nyaman dan bisa bernapas dengan lega, mari simak beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dalam artikel berikut ini.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Hidung tersumbat pada bayi umumnya akan membuat kualitas tidur bayi menurun karena ia tidak bisa bernapas dengan lega saat malam hari. Penyebab hidung tersumbat pada bayi ini umumnya dikarenakan penumpukan lendir di dalam hidung.

Sebetulnya, lendir tersebut merupakan mekanisme alami pada tubuh bayi untuk mengeluarkan kuman. Meskipun umumnya tidak berbahaya, namun kondisi ini tidak hanya dapat membuat bayi kesulitan bernapas tetapi juga batuk-batuk.

BACA JUGA:Apa Itu Mimisan? Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Jadi, sebagai orang tua, apa yang harus dilakukan jika hidung bayi tersumbat? Ketahui beberapa cara mengatasi hidung tersumbat selengkapnya berikut ini :

1. Memastikan Asupan Cairan Terpenuhi

Salah satu cara meredakan hidung tersumbat pada bayi adalah dengan memastikan bahwa kebutuhan cairan tubuh si kecil telah terpenuhi. 

Tercukupinya asupan cairan akan membantu mengatasi tenggorokan kering dan mengencerkan lendir di dalam hidung.

Guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh pada bayi, berikan ASI eksklusif sesering mungkin apabila ia berusia di bawah enam bulan. 

Namun, jika bayi sudah menerima MPASI, berikan air putih hangat sesuai takaran dan hindari memberikan minuman manis terlalu sering.

BACA JUGA:Apa Itu Sinusitis? Ini Penyebab dan Langkah Pengobatannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: